Sabigaju.com – Memasuki minggu keempat Oktober 2020, ada sejumlah peristiwa yang mengemuka dan menjadi atensi dan perbincangan publik serta netizen di berbagai lini media sosial

Mulai dari kabar penyerang Manchester United, Marcus Rashford yang mendapat pujian dari netizen dari berbagai penjuru Dunia hingga jargon Tarik Semongko yang viral di berbagai platform media sosial.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu keempat Oktober 2020.

BACA JUGA: Biar Aman Nonton di Bioskop Saat Weekend, Perhatikan Ini! 

1. Marcus Rashford

Di minggu keempat Oktober 2020 sorotan publik dan netizen di berbagai penjuru dunia tertuju pada sosok Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, yang  menggunakan media sosial miliknya untuk berbuat kebaikan bagi jutaan anak-anak rentan kelaparan di Inggris.

Marcus Rashford telah beberapa bulan terakhir menekan Pemerintah Inggris untuk memperpanjang skema bantuan makanan bagi sekitar 1,5 juta anak di Inggris untuk melewati bulan-bulan musim dingin hingga awal April 2021.

Sosok Marcus Rashford menjadi sorotan di minggu kempat Oktober 2020
(Foto: Instagram.com/fareshareuk)

Jutaan anak-anak di Inggris dari keluarga penghasilan kecil bergantung ke voucher makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sehari-hari.

Gerakan yang dimotori oleh Marcus Rashford ini akhirnya didengar pemerintah dan dibawa ke House of Commons (setara Dewan Perwakilan Rakyat di Inggris).

Ini adalah gerakan besar kedua Rashford setelah ia memaksa Pemerintah Inggris untuk memutar balik keputusan tak memberikan voucher makanan gratis sepanjang liburan musim panas.

Alhasil, 1,3 juta anak di Inggris dapat mengklaim voucher makanan gratis sepanjang musim liburan dengan biaya sekitar 15 pound atau sektiar 290 ribu rupiah per pekan.

Berkat gerakan untuk melawan kelaparan anak-anak ini, Rashford menerima penghargaan Member of the British Empire (MBE) dari Daftar Penghargaan Ulang Tahun Ratu Inggris.

2. Viral Bayi Tarik Masker

Di minggu keempat Oktober 2020 Media sosial dikejutkan foto viral bayi yang baru lahir menarik masker dokter. Beberapa netizen mengartikan foto tersebut sebagai simbol harapan bahwa pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Unggahan foto dr Samer Cheaib viral di Minggu Keempat Oktober 2020
(Foto: facebook.com/Dr.samer.cheaib)

Foto viral tersebut dibagikan akun Facebook si dokter itu sendiri, dr Samer Cheaib. Di unggahan tersebut  si dokter menuliskan captioni: ‘Kita semua menginginkan tanda bahwa kita semua akan segera melepaskan masker’.

Dalam gambar hitam putih tersebut, bayi yang baru dilahirkan itu menangkap masker bedah dokter Cheaib yang berbasis di Dubai itu. Lalu, dia menariknya seperti ingin melepaskan masker bedah tersebut dari wajah si dokter.

3. Tarik Sis, Semongko Viral

Di Minggu keempat Oktober 2020 Jargon Tarik Sis, Semongko yang ada di lagu berjudul “Bunga” viral di berbagai platform media sosial baru-baru ini.

Lagu berjudul “Bunga” tersebut, sebelumnya di-cover dengan musik dangdut koplo dan dinyanyikan oleh artis lokal asal Banyuwangi bernama Anggun Pramudita.

Jargon tarik semongko viral di minggu keempat Oktober 2020
(Foto: YouTube.com/Aneka Safari Records)

Saat menyanyikan lagu tersebut, Anggun berduet dengan master of ceremony (MC) bernama Ridho Soleh.

Dalam video duetnya dengan Anggun, Ridho yang akrab dipanggil Ridho Woyo-woyo ini beberapa kali berkata “Tarik Sis, Semongko”.

‘Tarik Sis, Semongko’ merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti ajakan berjoget. Sementara itu, semongko adalah kepanjangan ‘Semangato Sampek Bongko’. Arti dalam bahasa Indonesianya ‘Semangatlah Sampai Mati’. Semongko bisa diartikan buah semangka.

BACA JUGA: Demokrasi Terancam Kalau Berpikir Kritis dan Ngelucu Dilarang! 

4. Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Sorotan lain dari berbagai kalangan dan netizen di minggu keempat Oktober 2020 tertuju pada mome satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

banyak tantangan yang harus dihadapi dan tentu saja sisa empat tahun ke depan bagaimana pasangan pemimpin negara ini mampu memperbaiki keadaan, terlebih setelah Indonesia dihantam pandemi Covid-19.

Netizen merasa masih banyak masalah dan janji yangbelum terwujud pada satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Setahun pemerintahan Jokowi-Marufamin ramai dibicarakan di minggu Keempat Oktober 2020
(Foto: Instagram.com/jokowi)

Jelang akhir periode pemerintahannya bersama Jusuf Kalla, Jokowi menjanjikan akan membangun Indonesia dengan semaksimal mungkin. Sebagai seorang petahana, Jokowi akan melakukan berbagai upaya untuk membangun Indonesia lebih maju.

“Lima tahun ke depan, mohon maaf, saya sudah tidak ada beban lagi. Saya tidak bisa nyalon lagi. Jadi apapun yang terbaik untuk negara akan saya lakukan,” kata Jokowi pada tahun lalu.

Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Pelantikan berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 20 Oktoer Tahun lalu.

BACA JUGA: Cowok Gamers Lebih Kuat Main Di Atas Ranjang 

5. Game Indonesia di PS 5

Hal lai yang menjai sorotan netizen dan publik di Minggu keempat oktober 2020 adalah saat sebuah game produksi Indonesia berjudul Tirta yang akan hadir tidak cuma di PS5 tapi juga platform gaming lainnya.

Game ini masih akan mengadopsi kisah dan budaya lokal. Tirta mengisahkan petualangan pendeta perempuan (priestess) di kepulauan Bali. Pemain akan disajikan eksplorasi reruntuhan kuno yang berisi berbagai macam teka-teki.

Game Tirta menjadi perbincangan netizen di Minggu keempat Oktober 2020
(Sumber: Agate)

Tidak cuma itu, Tirta masih akan mengusung elemen action. Sang protagonis memiliki keahlian dalam ilmu bela diri serta kemampuan mengendalikan elemen material yang beragam untuk menghadapi musuh.

Musuhnya akan beragam, mulai dari karakter hewan mitologis lokal hingga roh jahat yang juga merasuki manusia. Dikutip dari situs IGN, Tirta seperti terinspirasi dari game The Legend of Zelda. Jadi menyajikan pertarungan antara manusia dengan kekuatan alam. (Sbg/Rig)

Comments