Atensi Publik dn Netizen
(Grafis :Sigit Sulistyo/Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa di Tanah air menjadi atensi publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada Minggu Pertama Bulan November 2019.

Mulai dari hebohnya publik dan netizen menanggapi viralnya kejanggalan anggaran pada rancangan APBD DKI Jakarta 2020 untuk pembelian lem Aibon yang mencapai Rp 82,8 miliar hingganya murkanya musisi Melly Goeslaw lantaran dirinya dijadikan bahan olok olok dalam sebuah pesta Halloween yang dihadiri sejumlah artis.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu pertama Bulan November 2019.

BACA JUGA: Waspada Kode Emoji Berbau Seks Agar Tak salah Kirim 

WhatsApp Android Dapat Kunci Sidik Jari

Di minggu pertama Bulan November 2019 publik dan Netizen heboh memperbincangkan fitur fingerprint lock di aplikasi WhatsApp akhirnya kini bisa dijajal oleh penggunanya.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi WhatsApp dan kemudian hanya dapat membukanya dengan memindai sidik jari.

(Foto: Whatsapp)

Dengan catatan, smartphone yang dipakai juga harus memiliki fitur sensor fingerprint.untuk melindungi privasi pengguna, di mana percakapan pribadi hanya bisa dilihat oleh sang pemilik ponsel.

WhatsApp sudah menggulirkan pembaruannya lewat Play Store di versi 2.19.308. Perlu diingat, meski terkesan aman dan hanya pemiliknya saja yang bisa membuka WhatsApp, aplikasi tersebut tidak akan meminta verifikasi sidik jari dalam beberapa kondisi.

Melly Goeslaw Ngamuk

Salah satu peristiwa yang menjadi bahan perbincangan publik dan netien di Minggu pertama Bulan November 2019 datang dari musisi Melly Goeslaw

Melly Goeslaw murka lantaran sosoknya dijadikan bahan tertawaan di pesta Halloween yang dihadiri sederet artis. Kemarahan Melly diluapkan di Instagram.

(Foto: Instagram
melly_goeslaw)

Dari video yang diunggah Melly Goeslaw di Instagram, terlihat sejumlah artis seperti Bunga Citra Lestari, Rossa, Reza Rahadian, Marion Jola, Ruth Sahanaya, Vidi Aldiano, Vadi Akbar, Sheryl Sheinafia, dan lainnya. Video tersebut diambil dari Instagram milik @bimopermadi.

Belakangan Penyanyi Rossa meminta maaf kepada Melly Goeslaw karena telah membuat istri musisi Anto Hoed itu marah besar. Rossa menyatakan penyesalan atas kejadian yang kemudian menyakiti hati sahabatnya, Melly Goeslaw.

BACA JUGA: Haruskah Kita Gaduh Soal Celana Cingkrang?

Celana Cingkrang

Memasuki Minggu pertama bulan November 2019, publik dan netizen di dunia maya dibuat geger dengan pernyataan Menteri Agama, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi soal aturan pemakaian celana cingkrang dan cadar bagi ASN.

Fachrul mengatakan, pemakaian celana cingkrang memang tak dilarang agama. Namun menurut Fachrul, ada aturan tentang cara berpakaian ASN di setiap instansi, sehingga ASN akan diberi peringatan jika tak sesuai dengan aturan.

Celana Cingkrang
(Thom Browne spring/summer 2015 lookbook)

Fachrul juga mengatakan penggunaan celana cingkrang oleh ASN tidak sesuai aturan. Dia mengingatkan ASN mengikuti semua aturan, termasuk cara berpakaian. Fachrul Razi menyebut celana cingkrang melanggar aturan berpakaian ASN.

Pernyataan Fachrul terkait celana cingkrang pun langsung mendapati kritik dari sejumlah pihak bahkan pecinta fesyen.

Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia

Duka mendalam begitu dirasakan oleh publik dan netizen serta pecinta sepak bola Tanah Air atas kepergian bintang muda sepakbola tanah air Alfin Lestaluhu meninggal dunia karena menderita encephalitis atau radang otak pada Kamis (31/10) malam di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

(Foto: Instagram)

Alfin Lestaluhu sebelumnya sempat di RST Ambon sebelum di pindahkan ke Jakarta, setelah kota kelahirannya itu terdampak bencana alam gempa bumi. Jenazah Alfin dimakamKAN di kampung halamannya, Tulehu, Ambon pada Jumat (1/11/9) siang.

Alfin merupakan pemain andalan  di Timnas Indonesia U-16 baik saat Piala AFF U-15 dan Kualifikasi Piala Asia U-16, Agustus dan September lalu.

Jelang persiapan untuk Piala Asia U-16 2020, di Bahrain, dirinya tengah dipersiapkan untuk mengisi tempat utama di lini pertahanan. Sayang, sang pemain lebih dulu berpulang pada Kamis (31/10/2019) malam.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Terheboh yang Pernah Terjadi di Indonesia 

Lem Aibon

Di minggu pertama bulan November 22019 Publik dadn netizen ramai membahas Viral postingan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia William Aditya Sarana yang menemukan kejanggalan anggaran pada rancangan APBD DKI Jakarta 2020 untuk pembelian lem Aibon yang mencapai Rp 82,8 miliar.

(Foto: Instagram willsarana)

Adapun rincian anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk membeli lem Aibon bagi 37.500 orang selama 12 bulan dengan harga satuannya Rp 184.000. Sayangnya, pasca viralnya hal itu, dokumen anggaran KUA-PPAS 2020 ini tidak bisa lagi diakses publik.

Semula Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyebut rencana anggaran Rp 82 miliar untuk lem Aibon salah ketik. Belakangan mereka berpendapat Anggaran itu merupakan anggaran sementara untuk kemudian diubah setelah mendapat rencana anggaran dari pihak sekolah.

Masyarakat bertanya-tanya apakah anggaran yang dibutuhkan untuk membeli lem yang terbuat dari karet sintetis itu realistis. (Sbg/Rig)

Comments