Libur Lebaran
Momen Idul Fitri merupakan saat yang tepat untuk menikmati libur lebaran bersama keluarga.. (Sumber Foto: Gunawan Kartapranata)

Sabigaju.com – Selain saat yang tepat merangkul silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga Momen Idul Fitri merupakan saat yang tepat untuk menikmati libur lebaran bersama keluarga.

Seperti kita ketahui, saat Lebaran tiba Jakarta bakal terlihat lengang dan sepi lantaran sebagian besar penduduknya pulang mudik. Hal itu membuat Jakarta terlihat lebih ramah, jalanan lancar dan tidak macet.

Bagi para penghuni non pemudik fenomena ini tentunya sesuatu hal yang patut dinikmati mengingat lengangnya Jakarta yang hanya bisa dialami setahun sekali

Lantas kamu bisa ngapain aja untuk menikmati libur lebaran di Jakarta?

BACA JUGA: Libur Lebaran, Waktu Pas Buat Jajal Wisata Halal

Silaturahmi dengan Tetangga

Tinggal di perumahan yang isinya orang-orang sibuk bekerja itu, sudah pasti jarang-jarang ketemu. Namanya juga tinggal di Jakarta, pekerjaan memaksa orang berangkat sejak pagi hari dan pulang larut malam.

Libur Lebaran memungkinkan untuk bertemu dengan para tetangga yang tidak mudik ke kampung. Apalagi di tempat saya tinggal, banyak juga yang berbeda agama.

Jadi, sehabis salat Idul Fitri, biasanya seluruh warga perumahan berkumpul di sebuah taman lapang untuk saling bersilahturahmi. Saling bermaaf-maafan dan mengucapkan doa bersama.

BACA JUGA: Tips Buat Kamu yang Pilih Sewa Mobil untuk Liburan 

Mengunjungi Open House para pejabat publik di Wilayah Jakarta.

Gaes, ini cara baru menikmati libur Lebaran di Jakarta. Ada ratusan pejabat negara yang mengadakan open House saat Hari Idul Fitri. dengan begini bisa mengenal lebih dekat para pejabat publik bahkan kita menikmati hidangan lebaran ala pejabat.

Tapi, sebelum berkunjung tentunya terlebih dahulu kita searching alamat yang bersangkutan dan cari info tambahan apakah rumahnya terbuka untuk masyarakat umum yah.

BACA JUGA: Inilah Durasi Waktu Liburan yang Paling Ideal

Keliling Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, mobil atau motor

Setelah dalam setahun ini kamu bermacet-macetan, di saat libur Lebaran pastinya lalu lintas Jakarta lengang dan kamu bisa menikmatinya sambil berkendara motor atau mobil pribadi.

Sambil menikmati suasana kota, kamu sesekali berhenti untuk sekedar selfi atau foto-foto di titik-titik RTH (Ruang Terbuka Hijau) atau Ikon-ikon Jakarta. Misalnya, foto di depan patung Arjuna Wiwaha, Patung Selamat Datang di Bundaran HI, atau Patung Pembebasan Irian Barat.

BACA JUGA: Sebelum Macet Lagi, Yuk Berwisata ke Tempat Berikut di Jakarta

Wisata Belanja di Pusat Perbelanjaan

Saat libur lebaran, kamu bisa jadi turis lokal dadakan  yang melakukan wisata belanja di pusat perbelanjaan. Jakarta terkenal dengan banyaknya pusat perbelanjaan.

Ada Plaza Senayan, Lotte Shopping Avenue, Pacific Place, Kota Casablanca, Pindok Indah Mall, Central Park, Kelapa Gading Mall, Centra Park, Sarinah, Epicentrum Walk, dan lainnya.

Belum lagi, pusat perbelanjaan sekarang sangat komplit mulai dari permainan anak, bioskop, toko buku, hingga tempat makan juga ada, sehingga bisa menghabiskan waktu seharian kalau mau menjajal satu per satu.

BACA JUGA: Ini Dia Pilihan Wisata Keluarga di Jakarta untuk Liburan

Jadi Turis TransJakarta

Cara lain menikmati libur lebaran di Jakarta adalah melakukan wisata  murah meriah dengan menjadi turis TransJakarta.

Dengan hanya Rp.3500, kamu bisa  keliling naik Transjakarta wisata, kamu bisa melihat kawasan-kawasan ikonik yang ada di Jakarta, seperti Monumen Nasional, Istana Merdeka, Balai Kota, Masjid Istiqlal, Kawasan Kota Tua, RTPRA Kalijodo, dan bahkan bisa mampir ke destinasi akhir seperti kota tua atau ke makam Mbah Priok yang ada di Tanjung Priok.

Selain Transjakarta, sarana umum lannya yang murah meriah untuk keliling kota bisa juga menggunakan kereta commuter line, yang melintasi sejumlah stasiun tua di Jakarta, misalnya Jatinegara, Manggarai, Tanjung Priok, hingga stasiun Jakarta Kota.

Comments