Salah satu koleksi hewan di Faunaland yang menjadi favorit pengunjung adalah adalah Singa Putih. (Foto: Instagram rejane_doe)
Salah satu koleksi hewan di Faunaland yang menjadi favorit pengunjung adalah adalah Singa Putih. (Foto: Instagram rejane_doe)

Sabigaju.com – Buat masyarakat Indonesia dan khususnya warga Jabodetabek yang menyukai kehidupan berbagai satwa liar, kini kamu bisa mengunjunginya di Faunaland Ancol.

Faunaland Ancol berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 5 hektar yang terdiri dari daratan dan perairan yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia dengan menghadirkan satwa-satwa unik dan langka.

Kebun binatang yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara ini mengusung konsep rekreasi berbasis edutainment dimana pengunjung bahkan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan.

Faunaland Ancol bisa dikunjungi pada pukul 09.30-18.00 WIB (Senin-Jumat) dan pukul 08.00-18.00 WIB (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional). Tiket masuk per pengunjung Rp 60 ribu untuk senin hingga jumat dan Rp 70 ribu untuk akhir pekan.

Pentas Burung Cantik

Salah satu atraksi unggulan di Faunaland Ancol adalah pengunjung juga bisa menyaksikan pentas burung alias Bird Show pada pukul 11.00 dan 16.00 WIB (weekdays) serta 10.30 dan 15.30 WIB (weekend).

Bird Show berlangsung sekitar 20-30 menit, menampilkan berbagai macam burung khas Indonesia.

Penampilan dipimpin oleh seorang MC yang akan memperkenalkan burung-burung yang ditampilkan. Ia juga mengajak pengunjung untuk ikut serta bermain dengan burung, dan membuat suasana lebih interaktif.

View this post on Instagram

One fun day at the zoo #faunaland

A post shared by Suzan (@suzanlaetitia) on

Berbagai macam burung ditampilkan. Mulai dari burung unik dengan warna menarik seperi kakak tua, burung hantu, hingga burung Elang putih pemangsa. Bahkan, ia juga ‘memangsa’ di dekat pengunjung.

Jangan khawatir, apabila ingin ikut bermain bersama burung, para pengunjung akan dipandu oleh para instruktur profesional. Mereka akan memberi tahu kamu harus melakukan apa.

View this post on Instagram

#ancol #faunaland #animalsshow

A post shared by Putra Rayndra (@putrarayndra) on

Ketika pertunjukan burung pemangsa, pembawa acara akan memanggil salah satu orang yang bersedia untuk bermain. Ia akan berdiri, lalu sang burung akan hinggap di atasnya!

Sungguh pengalaman yang sangat menarik, kamu bakal dibuat kagum oleh atraksi burung-burung elang terlatih dalam berburu mangsanya.

Kebun Binatang Mini

Faunaland Ancol memiliki binatang-binatang unik yang menarik untuk anak-anak, seperti Kura-Kura Aldabra, keledai mini yang sudah tua namun ukurannya kecil, kambing mini, bahkan ada Kangguru Putih yang langsung didatangkan dari New Zealand.

Ada juga singa putih, landak jawa, tapir, monyet, harimau tutul, kucing emas, kanguru putih, macan dahan, dan lain-lain.

Kandang untuk binatang disesuaikan dengan karakter binatang. Ada yang bisa kita pegang langsung, ada yang di kandang, dan ada yang di kandang kaca, khusus binatang buas seperti singa.

View this post on Instagram

You can't kill the spirit of the lionhearted. – Erin Van Vuren 🦁 Location📍: Fauna Land, EcoPark – Ancol Rate 💰 : IDR 50.000 / pax Or for group (min. 25 pax) IDR 30.000 / pax Quick Review : It got bigger than before!! More animals!! (they are very well-taken-care-of!) 🐵🦁🐴🐗🐰🦃🦅🐢 It was fun to be there and these two healthy-gorgeous white lions amazed me! For those who don't know, Fauna Land is located inside the Ecopark. People who love to jog are familiar with this place because they have a jogging line surrounded by big trees along the way. They also have food stalls which sell foods and cool drinks (just in case you forgot to fill your 'fuel'). They even have some simple gym tools to help you maximize the exercise! Good for health, good for mind! 🙂 #ecoparkancol #faunaland #ancol #samsungnoteFE #whitelion #bonitsibolang

A post shared by Johanna Tania 陈珠云 (@johannatania88) on

Sambil melihat binatang-binatang tersebut, kita bisa membaca keterangan dan penjelasan yang ada. Informasinya cukup lengkap, dari nama latin binatang, daerah asal, dan lain-lain.

Faunaland  Ancol ini bagus sebagai sarana edukasi anak untuk mengenalkan aneka satwa. Istimewanya lagi  tempat ini bersih dan bebas bau. Binatang-binatang yang ada terawat dan terpelihara dengan baik.

Dalam merekatkan komunikasi anak dan orang tua, ada pula fasilitas menunggang kuda poni. Serta, orang tua dapat menemani buah hati di kandang kelinci. Bahkan, yang paling menarik adalah dapat memberi makan Singa Putih (White Lion) yang berasal dari Afrika Selatan.

Safari River Cruise yang Asyik

Jangan lewatkan Safari River Cruise di Faunaland Ancol. Rutenya cukup panjang dengan suguhan pemandangan hijau yang asri. Pastinya sih menyenangkan!

Satu perahu diisi 8-10 orang sesuai antrian. Selama di perahu, anak-anak bisa memberi makan ikan yang ada di sungai (harga pakan sekantong plastik sedang Rp. 5000).

Menyusuri sungai dengan perahu ini memberi kesan tersendiri. Rasanya seperti tidak sedang ada di Jakarta. Kanan-kiri sungai berupa pepohonan hijau. Di beberapa tempat diletakkan figur binatang demi menambah kesan alami seolah kita sedang menyusuri sungai di hutan pedalaman. (Sbg/Rig)

Comments