Sabigaju.com – Berbahagialah kita warga Indonesia. Lokasi negeri ini tepat berada di belahan khatulistiwa sehingga waktu matahari terbit dan terbenam memiliki durasi yang sama. Itu sebabnya, tampak adil bagi kita yang seorang Muslim, berpuasa di sini jika dilihat dari segi durasinya.

Maka itu, jangan kebanyakan ngeluh deh puasa di Indonesia. Coba kamu lihat negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia. Misalnya saja Islandia. Di sana, warganya akan berpuasa selama 22 jam! Baru aja buka puasa udah harus puasa lagi ya.

BACA JUGA: Berikut Daftar 5 Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Tapi, kamu bisa iri dengan negara-negara yang memiliki durasi puasa terpendek di dunia. Misalnya saja:

1. Cile

Tahun lalu, negara ini cuma punya durasi 10 jam untuk berpuasa. Yakni sahur pukul 06.30 dan berbuka pukul 16. 41 waktu setempat.

2. Australia

Negeri tetangga kita ini juga cepet banget durasi puasa, yaitu cuma 11 jam. Asyik banget ya!

3. Afrika Selatan

Emang sih, tempatnya panas banget. Tapi kamu cuma perlu mulai puasa dari jam 06.12 sampai 16.47 waktu setempat. Tuhan emang adil, kok.

4. Argentina

Negara di bagian selatan tahun ini emang cuma kedapetan puasa 11,5 jam. Ini karena waktu rata-rata antara matahari terbenam hingga terbit kembali selama 12 jam. Beda sama negara di bagian utara dengan titik balik matahari musim panas. Akibatnya, mereka akan merasakan siang hampir selama seharian.

BACA JUGA: Enggak Bikin Haus, Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

5. Selandia Baru

Ini loh yang patut bikin iri banget. Negaranya punya view yang oke, suasananya enak, cuaca sejuk, lalu kamu cuma perlu puasa dari jam 5.58 pagi sampai 18.31 ketika saat berbuka puasa.

Itu dia lima negara dengan durasi puasa terpendek. Tentu dong, lima negara ini cocok banget jadi destinasi wisata buat para Muslim yang mau liburan saat Ramadan. Sayang, sebentar lagi Lebaran. Mungkin tahun depan kamu mau coba? (Sbg/Dinda)

Comments