Bakteri di smartphone
Tanpa kita sadari Smartphone berharga milik kita ternyata bisa menjadi sarang bakteri. (Foto: NordWood Themes on Unsplash)

Sabigaju.com – Saat ini smartphone telah menjadi bagian hidup manusia yang tak terpisahkan. Kemanapun, orang-orang tidak pernah lepas dari ponsel, bahkan tak sedikit yang menggunakannya hingga ke toilet.

Namun, siapa yang menyangka jika perangkat smartphone dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri?

BIla sebelumnya diketahui bahwa toilet dan tempat sampah menjadi lokasi terfavorit berkumpulnya segala jenis bakteri di smartphone, namun kali ini sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa smartphone bisa menjadi tempat tinggal idaman bagi berbagai macam jenis bakteri.

Banyak Bakteri di Smartphone

Dilansir dari laman Time belum lama ini sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Arizona, Amerika Serikat, telah menemukan bahwa smartphone bisa membawa bakteri dalam jumlah 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet.

Smartphone bisa  membawa bakteri dalam jumlah 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet. (Foto: RawPixel on Unsplash)
Smartphone bisa  membawa bakteri dalam jumlah 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet. (Foto: RawPixel on Unsplash)

Temuan para ilmuwan tersebut juga menemukan lebih dari 17 ribu kuman, termasuk bakteri berbahaya seperti Streptococcus, MRSA, dan bahkan E. coli pada smartphone siswa sekolah menengah. Salah satu tempat terburuk penyumbang bakteri di smartphone adalah di kamar mandi dan jamban.

Hal itu terjadi ketika orang membawa smartphone mereka ke toilet, saat toilet disiram, kuman dan bakteri menyebar kemana-mana, yang pada akhirnya membuat smartphone mereka dihinggapi kuman fecal seperti E. coli.

Bersihkan secara Rutin Smartphone

Karena itu, disarankan untuk rajin mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas. Penting juga untuk membersihkan smartphone yang kemungkinan telah terpapar kuman dan bakteri.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah aman untuk membersihkan smartphone kamu:

1. Cabut kabel pengisi daya, earphone, dan kabel data dari Smartphone dan matikan.

2. Lepaskan karet penutup atau pelindung telepon seluler

3. Sebaiknya gunakan air suling atau cairan khusus pembersih gadget yang bisa kamu beli di toko.

4. Jangan pernah menyemprot telepon secara langsung dan jangan pula membasahi kain terlalu basah. Gunakan kain untuk menyeka seluruh bagian depan dan belakang telepon seluler.

5. Biarkan permukaan layar smartphone kering sepenuhnya selama minimal 15 menit sebelum dinyalakan atau dioperasikan kembali.

Saat ini, beberapa perusahaan perangkat teknologi telah mencoba untuk menghadirkan solusi mengatasi bakteri di smartphone hingga 99 persen.

Bahkan Microsoft pun tak mau kalah dengan berencana menghadirkan fitur UV Light System yang dapat membunuh bakteri secara otomatis.  UV Light System besar kemungkinan akan diimplentasikan di perangkat Lumia dan tablet Surface. (Sbg/Rig)

Comments