Sabigaju.com – Masyarakat Palembang kini tengah menggandrungi sebuah jajanan bernama Bakso Beranak. sebuah nama yang membuat kami di redaksi Sabigaju .com berpikir siapa pula yang menghamili bakso tersebut.

Maka mulailah Sabigaju melakukan penelusuran dengan gaya kepo tingkat tinggi mencari tahu wujud dan asal usul makanan ini.

Saat tim Sabigaju tiba di lokasi penjualan Bakso Beranak, yang berlokasi di sebuah ruko berwarna hijau di jalan Temon 27 Ilir Palembang, rupanya tak bisa langsung duduk dan memesan. Soalnya antrian calon penyantap jajanan ini buanyak banget membuat sabigaju.com harus mengantri.

Waktu mengantri pun dimanfaatkan Tim Sabigaju.com berbincang ringan dengan dokter kandungan alias pemilik bakso beranak yang bernama Juhaini yang akrab disapa dengan panggilan Mas Jun.

Lewat penuturannya Jun mengaku bahwa awal nya pernah ia memiliki panggilan untuk jajanannya ini yang diberi nama bakso cabe-cabean, duankk!!! Lantas berubah menjadi Bakso terong-terongan (apapula ini). Hingga akhirnya ia berasumsi untuk menggabungkan keduanya menjadi bakso cabe-cabean di terongin, jadilah bakso beranak. Sebuah penuturan yang membuat penulis berpikir ke mana-mana sambil tertawa.

Jun yang mengaku berasal dari Cirebon ini juga menjelaskan bahwa jajanan yang ia beri nama bakso beranak ini berbahan dasar daging sapi dan memiliki ukuran besar yang kalau dibelah berisi bakso telur, bakso kecil, beberapa daging cincang serta potongan cabai. Harga satu porsi bakso ini hanya diapatok senilai Rp.45 ribu.

Mendengar penjelasan tersebut tak terasa air liur pun menetes tak sengaja untuk menyantap jajanan ini. Namun antrian mengular membuat urung untuk menyantap jajanan teersebut di lokasi. Akhinya penulis memesan satu porsi bakso beranak untuk di bungkus.

Tiba di rumah bakso pun langsung disantap, dan rasanyaaa … hmmmm bukan main!! Nikmaatt..!!! (sbg/rig)

Comments