Apple baru saja merilis tiga piranti iPhone terbaru mereka yakni XS, XS Max, dan XR.
Apple baru saja merilis tiga piranti iPhone terbaru mereka yakni XS, XS Max, dan XR.

Sabigaju.comApple meluncurkan tiga varian teranyar iPhone pada Kamis (13/9)tengah malam pukul 00.00 WIB di Steve Jobs Theater di Apple Campus, Cupertino, California, Amerika Serikat (AS).

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini merilis beberapa teknologi desain maupun piranti lunak kepada para pengguna lewat piranti iPhone terbaru mereka yakni XS, XS Max, dan XR

Sesuai dengan rumor-rumor sebelumnya, iPhone generasi baru ini hadir dengan desain identik dari iPhone X yang diluncurkan pada tahun lalu.

Perbandingan Teknologi Pada Tiga iPhone Terbaru

Dirilisnya tiga varian teranyar iPhone tersebut disambut hangat oleh warganet, khususnya penggemar iPhone diseluruh penjuru dunia. Lantas, apa saja pembeda dari ketiga produk iPhone tersebut? Simak ulasannya berikut ini, Sob.

1. Layar

XS Max dibekali dengan layar OLED 6,5 Inci. Sementara XS punya layar OLED 5,8 inci yang disebut dengan super retina. Keduanya memiliki resolusi 2436 x 1125 dan 458 ppi.

Ukuran layar XS Max ini melebihi layar Samsung Galaxy Note 9. Apple menyebut layar XS Max ini memiliki layar terluas yang pernah dimiliki iPhone

Sedangkan XR yang notabene adalah iPhone versi murah memiliki layar LCD 6,1 inci yang disebut dengan liquid retina. Layar ini memiliki resoulsi 1792 x 828 dengan 326 ppi. Ketiga ponsel ini memiliki desain yang lebih kecil dari 8 Plus tapi memiliki layar yang lebih luas.

Tiga varian teranyar iPhone tetap mengusung poni yang cukup lebar dan tidak memiliki home button. Poni tersebut untuk tempat infrared camera, flood illuminator, ambient light sensor, proximity sensor, speaker, microphone, front camera, dan dot projector.

XS dan XS Max memiliki sertifikasi IP 68 dan XR punya IP 67. Dengan demikian, XS dan XS Max diklaim aman ketika tenggelam di air dengan kedalaman hingga 2 meter selama 30 menit. Sementara XR bisa bertahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

Apple mengklaim kedua ponsel itu tinggal dikeringkan jika masuk dalam air. Perusahaan itu menjamin ponsel tidak akan rusak. Apple juga mengklaim ketiga ponsel telah diuji coba dengan berbagai macam cairan.

2. Dapur Pacu

Tiga varian teranyar iPhone disenjatai oleh cipset teranyar besutan Apple, yaitu A12 Bionic. Cipset ini memiliki proses fabrikasi 7nm. Chipset ini memiliki 6,9 miliar transistor. A12 memiliki fitur 6-core CPU dan 4 Core GPU serta neural engine yang diklaim bisa membabat beban kerja machine learning.

Chipset ini diklaim 15 persen lebih cepat dan menggunakan 40 persen tenaga yang lebih rendah serta 50 persen lebih efisien penggunaan core. GPU juga bisa mendorong kecepatan saat bermain gim hampir 50 persen lebih cepat.

Meskipun ketiga ponsel ini memiliki chipset yang sama, XR memiliki perbedaan jumlah penyimpanan internal dari XS dan XS plus. XR memiliki pilihan penyimpanan internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Sedangkan XS dan XS plus memiliki varian 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

3. Kamera

XS dan XS Max memiliki kamera belakang ganda, dengan sudut lebar beresolusi 12MP dan lensa tele 12 MP. Kedua ponsel ini meningkatkan flash bawaan yang disebut menggunakan true tone flash. Disertakan juga Optical Image Stabilization (OIS). Kedua ponsel memiliki kamera selfie beresolusi 7 MP.

Sementarai itu XR memiliki kamera belakang tunggal 12 MP dan kamera selfie beresolusi 7 MP.

Apple memperkenalkan “Smart HDR” untuk ketiga ponsel yang mampu mengombinasikan banyak foto sekaligus dan menggabungkannya untuk menjadi sebuah foto dengan kualitas yang tinggi.

Fitur ini menggunakan Neural Engine yang bisa memilih untuk mengombinasikan berbagai foto. Ponsel ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur keburaman pada latar belakang (bokeh) dengan mengatur tingkat depth foto setelah menjepret foto.

4. Baterai

Baterai XS bisa bertahan setengah jam dibandingkan X. XS Max diklaim merupakan baterai terbesar yang pernah dibenamkan Apple ke iPhone, baterai bisa bertahan satu setengah jam lebih lama dibandingkan X. Sementara itu XR memiliki baterai yang bisa bertahan lebih lama satu setengah jam daripada 8 Plus.

5. e-SIM

Untuk pertama kalinya, Apple mengeluarkan iPhone yang mendukung Dual SIM. Tiga varian teranyar iPhone ini telah mendukung Dual SIM.

Untuk urusan kartu SIM, Apple kembali lakukan gebrakan dengan tidak lagi menggunakan SIM fisik. Tapi menggunakan electronic SIM (eSIM) dengan pengecualian di China.

6 Harga dan Ketersediaan

Harga iPhone XR mulai 749 dollar AS atau setara Rp 10,7 jutaan. Harga iPhone XS lebih mahal, yakni mulai 999 dollar AS atau setara Rp 14,7 jutaan.

Harga iPhone XS Max lebih mahal lagi, yakni 1.099 dollar AS atau setara Rp 16,2 jutaan. Pemesanan awal iPhone XR baru akan dibuka sejak 19 Oktober 2018, dan pengirimannya mulai 26 Oktober 2018.

Sementara, pemesanan awal iPhone XS dan XS Max lebih cepat, yakni dibuka mulai 14 September 2018 dan pengiriman dimulai pada 21 September 2018. Belum jelas kapan iPhone XS, XS Max, XR hadir untuk pasar Indonesia.

Penasaran lebih lengkap soal informasi iPhone XS dan XS Max? Apple juga menyediakan laman khusus untuk membandingkan produk-produk anyarnya. (Sbg/Rig)

Comments