Pria tengah menggunakan Aplikasi Whatsapp
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Aplikasi WhatsApp memiliki pengguna aktifnya sudah tembus 2 miliar. Fiturnya yang terbilang simpel dan mudah digunakan membuat Aplikasi Whatsapp banyak diminati.

Sampai saat ini WhatsApp masih menjadi alat komunikasi yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu keunggulan besar WhatsApp adalah tersedianya untuk berbagai platform seperti Windows, macOS, iOS, Android, bahkan Windows Phone. Ada juga versi berbasis web, tetapi ini harus digunakan dengan menghubungkan ke ponsel.

BACA JUGA: Sisi Gelap Fitur Dark Mode yang Harus Kamu Tahu

Selain mengirim pesan berbasis teks, pengguna juga dapat menggunakan panggilan suara dan video sebagai pilihan, dan anda dapat mengirim foto dan file ke orang yang kamu ajak ngobrol.

Bukan hanya soal komunikasi pribadi dengan teman dan keluarga dalam skala yang relatif kecil. Whatsapp menawarkan ruang untuk obrolan grup yang memungkinkan hingga 256 orang dapat mengambil bagian dalam satu obrolan.

Namun siapa sangka ternyata WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang buruk bagi smartphone atau ponsel kamu dari sisi konsumsi daya baterai.

BACA JUGA: Bingung Ngajak Kencan Si Dia: Pakai Whatsapp atau Telepon?

Whatsapp Kuras Baterai Smartphone

Dalam hasil  penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga riset Uswitch, aplikasi WhatsApp merupakan salah satu dari 50 aplikasi yang paling banyak menguras baterai ponsel.

Dalam daftar ini WhatsApp berada di peringkat keempat. Tiga diatasnya aplikasi Google, Facebook, dan Facebook Messenger.

Aplikasi Whatsapp kurang baik untuk daya tahan baterei smartphone
(Foto: uswitch.com)

Aplikasi WhatsApp menyedot banyak daya baterai karena membutuhkan banyak izin untuk bisa beroperasi dengan maksimal.

Ada 41 izin akses yang dibutuhkan WhatsApp dan sebagai besar berjalan di belakang layar (background). Contohnya, akses WiFi, foto, identitas, kontak hingga lokasi.

Uswitch mengatakan daya tahan baterai yang buruk adalah momok terbesar bagi pengguna smartphone di seluruh dunia.

Meskipun ukuran baterai semakin besar, sebagian besar ponsel masih berjuang untuk bisa melewati satu hari tanpa pengisian daya.

“Yang benar-benar menguras baterai adalah aplikasi yang digunakan smartphone. Dan, lebih khusus lagi adalah izin yang diperlukan aplikasi ini untuk memberikan pengalaman terbaik.

BACA JUGA: Whatsapp Sering Down, Nih 5 Aplikasi Pesan Instan Alternatif 

Ini bisa apa saja mulai dari mengakses kamera, kalender atau kontakmu hingga menggunakan lokasi atau Wi-Fi,” seperti dikutip Sabigaju dari laman Uswitch.com.

Namun masalah ini mulai teratasi karena aplikasi WhatsApp sudah meluncurkan fitur dark mode pekan lalu.

Fitur ini selain lebih ramah bagi mata juga bisa menghemat baterai karena layar yang gelap mengurangi konsumsi daya baterai. (Sbg/Rig)

Comments