Pemantau Banjir
(Foto: Engineering News)

Sabigaju.com – Bencana banjir tentu bisa merusak rencana kita yang telah dipersiapkan sebelumnya, Misalnya di awal tahun 2020 banyak orang yang rencananya batal karena hujan lebat di hari Rabu (01/01/2019) membuat banjir melanda di sejumlah wilayah.

Buat kamu warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang ingin mengetahui update informasi mengenai banjir, kamu harus memersenjatai diri dengan aplikasi pemantau banjir yang dapat membantu kita dalam menentukan rencana.

Berikut sejumlah aplikasi keren pemantau banjir yang bisa kamu gunakan.

PetaBencana.id

Situs pemantau banjir ini  bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan beberapa aplikasi lokal dalam menyediakan update informasi mengenai banjir Jakarta.

Situs PetaBencana.id mempunyai fitur dan menu yang mudah dimengerti sehingga kamu bisa memantau banjir dengan mudah dan cukup akurat.

Aplikasi pemantau banjir ini bisa memantau banjir yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Pemantau Banjir
(Foto: Petabencana.id)

Tak hanya memantau, netizen yang mengakses situs tersebut bisa mengirimkan informasi banjir terkini di wilayahnya masing-masing.

Nah, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Twitter dan Telegram untuk melaporkan banjir. Melalui Twitter, pengguna bisa mengetik hashtag #Banjir dan me-mention ke akun @petabencana.

Setelah dicuitkan, akun @petabencana akan mengirimkan link agar pengguna bisa mengisi segala informasi mengenai banjir Jakarta beserta koordinat wilayahnya.

Jika menggunakan aplikasi Telegram, pengguna hanya perlu mengetik “/banjir” melalui akun @BencanaBot di aplikasi tersebut.

Pantau Banjir

Aplikasi pemantau banjir ini dikembangkan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta dan memiliki sejumlah fitur yang untuk memantau debit air di sekitar kawasan jakarta.

Jadi, pengguna bisa mengetahui seberapa parah banjir yang ditimbulkan dengan melihat foto yang ada di setiap RW. Foto tersebut diambil dari laporan warga di wilayah tersebut.

Pemantau Banjir
(Foto: Pantau banjir)

Tak hanya itu, adapula fitur untuk melihat kondisi pintu air, apakah berada dalam kondisi siaga aman atau siaga 1. Semuanya bisa kamu atur berdasarkan jam. Terakhir, adalah memantau apakah alat pompa banjir berfungsi atau tidak.

Namun sayangnya, aplikasi ini sementara baru bisa dinikmati oleh para pengguna Android saja.

Facebook Safety Check

Facebook juga bisa kamu gunakan sebagai aplikasi pemantau banjir. Facebook akan mengaktifkan fitur ini ketika terjadi sesuatu bencana atau kejadian besar di satu area.

Dari hasil penelusuran Sabigaju.com, pada Kamis (2/1/2020), Facebook telah memasukkan kejadian banjir di Jakarta di fitur Safety Check atau Penanggulangan Krisis ini dengan tema Banjir di Seluruh Wilayah Metropolitan Jakarta, Indonesia.

Pemantau Banjir
(Foto: Facebook)

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian bisa menulis ‘safety check’ di kolom searching-an, kemudian klik kunjungan. Setelah berada pada halaman safety check, pilih ‘Indonesia’ agar kalian bisa melihat informasi bencana yang terjadi, khususnya banjir di Jakarta.

Kamu bisa menandai diri dalam kondisi aman supaya teman dan keluarga yang juga ada di Facebook bisa tahu kondisinya. Atau, justru kamu juga bisa memberi tahu kalau kondisinya tidak aman.

Semoga informasi ini berguna yang tengah bingung mencari aplikasi pemantau banjir. (Sbg/Rig)

Comments