Kencan Online
Ilustrasi (freestocks.org)

Sabigaju.com – Kecanggihan teknologi kini membantu para penyandang predikat single yang tak memiliki banyak waktu untuk mencari pasangan di zaman now.

Tak sedikit pengguna aplikasi kencan menemukan teman yang klop dan berlanjut ke hubungan serius bahkan hingga ke jenjang pernikahan.

Sebagai bukti lihatlah Rey Utami dan Pablo Putera Benua, yang menikah hanya setelah 7 hari perkenalan mereka melalui aplikasi Tinder di smartphone masing-masing.

Dilansir laman Technology Review belum lama ini, lebih dari 33 persen pasangan yang menikah bertemu dari kencan online. Bahkan sekarang ini, kencan online menempati urutan kedua sebagai cara paling umum yang dipakai orang untuk menemukan tambatan hatinya.

“Orang yang bertemu secara online rata-rata belum pernah kenal sama sekali,” ujar dua orang peneliti Josue Ortega dari University of Essex, Inggris, dan Philip Hergovich dari University of Vienna di Austria, seperti dilansir  dari laman Technology Review.

Lebih lanjut mereka menambahkan, saat orang-orang bertemu dengan cara seperti ini, akan menciptakan hubungan sosial di mana pada zaman sebelumnya tidak dikenal, bahkan tidak ada.

Menariknya, hasil studi Josue dan Philip juga menunjukkan pasangan yang bertemu dari kencan online memiliki risiko bercerai yang lebih kecil ketimbang pasangan yang bertemu dengan cara konvensional.

Nah, kali ini Sabigaju coba memberi rekomendasi sejumlah aplikasi kencan online untuk Anda yang sedang mencari pasangan.

Aplikasi Kencan Online Favorit

1. Tinder

Aplikasi Tinder

Tinder adalah salah satu aplikasi kencan paling favorit saat ini. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada bulan September 2012, dengan tujuan untuk mempermudah remaja dalam menemukan teman berkencan sesuai dengan keinginan mereka. Untuk memanfaatkan aplikasi ini tergolong mudah, pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan akun Facebook mereka.

Fitur utama yang ditawarkan kepada pengguna aplikasi ini adalah rekomendasi calon pasangan dengan pengguna Tinder di sekitarnya. Tidak hanya bisa mengatur jarak pengguna Tinder lainnya yang ingin diajak chat, Tinder juga memberikan opsi terkait jenis kelamin yang hendak diajak chat.

Pengguna hanya perlu mengusap layar ke arah kanan jika merasa tertarik dengan calon pasangan yang direkomendasikan oleh Tinder, dan mengusap ke arah kiri jika tidak menyukainya. Jika pengguna dan calon pasangan saling menyukai, Tinder akan memberikan opsi yang memungkinkan keduanya saling bercakap-cakap.

2. OkCupid

Aplikasi OkCupid

Aplikasi OKCupid adalah aplikasi cari pacar yang tertua di antara semuanya. Jejaring sosial ini dibuat pada tahun 2004. Aplikasi ini dijuluki sebagai ‘Google-nya kencan online’. algoritma canggih OKCupid membuat para pengguna bisa menelusuri profil, mengirim pesan, dan mencari orang yang cocok.

Aplikasi OkCupid memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk bisa berinteraksi langsung. Aplikasi ini lebih detail. Kamu harus menjawab puluhan pertanyaan yang bertujuan mem-filter pencarian pasangan yang memiliki relevan.

Pengguna direkomendasikan untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait agama hingga seks agar memudahkan upaya mencari teman kencan yang pas.

3. SweetRing

Aplikasi SweetRing

Buat kamu yang lagi serius mencari teman hidup kamu juga bisa mencoba menemukan orang yang sesuai seperti yang kamu idamkan kamu dapat mencoba aplikasi SweetRing.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik yang nggak kamu temukan di aplikasi lainnya, seperti fitur posting pertanyaan pada para pasangan potensialmu untuk mengetahui pandangan mereka mengenai masa depan cinta mereka.

Lantaran ditujukan untuk mencari teman hidup yang serius, aplikasi ini punya tim khusus yang bekerja 24 jam untuk mengawasi tingkat keamanan pengguna sesuai data lewat akun Facebook sehingga kamu terhindar dari orang-orang yang mau merugikan kamu.

4. JustDating

Aplikasi Justdating

JustDating adalah satu aplikasi dating yang ditujukan untuk orang yang ingin bersenang-senang saja, cuma sekadar cari teman atau teman kencan, bukan untuk hal serius seperti pernikahan. Ini adalah aplikasi buat kamu yang masih ingin menambah teman baru.

Aplikasi ini memiliki fitur di mana para wanita dapat mengadakan acara kencan dan para pria dapat mendaftar untuk mengikutinya.

Kerennya lagi, si wanita juga bakalan menjelaskan dia ingin kencan di mana dan apa yang ingin dia lakukan selama kencan. Setelah pria-pria mendaftar, pengguna wanita dapat menyeleksi dan memilih salah satu dari pria untuk pergi berkencan dengan mereka.

Aplikasi ini juga menyediakan  fitur chat biasa seperti aplikasi dating lainnya. Aplikasi ini pas banget buat nemenin kamu  saat  sendirian di malam minggu.

Aplikasi Paktor

Aplikasi kencan ini bisa dibilang,Tinder-nya Asia. Yup, Paktor adalah aplikasi yang pas bagi kamu-kamu  yang cenderung malu untuk berkenalan.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa  mengenal orang dengan kepribadian yang sesuai selera akan lebih mudah. Sebab dengan aplikasi ini pengguna bisa menyaring kenalan melalui usia, tinggi badan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan dan hobi yang sesuai denganmu.

Dari sisi keamanan, Paktor, cenderung lebih aman daripada aplikasi sejenis lainnya. Data pribadi yang terdapat dalam akun Paktor berasal dari Facebook dan hanya pengguna yang memiliki jumlah teman lebih dari 50 teman di Facebook yang diperkenankan menggunakan aplikasi ini.

Nah buat kamu yang memutuskan untuk memulai mencari teman untuk berkencan kamu perlu hati-hati, sebab banyak juga orang yang menggunakan aplikasi kencan online hanya untuk menjalin hubungan asmara singkat untuk mengusir kebosanan.

So, waspada ya! Agar kamu tidak dirugikan ataupun dipermainkan. (Sbg/Rig)

Comments