sering berbohong
Apakah pria yang sering berbohong sudah pasti akan selalu berbohong? terlebih kepada pasangannya. (Sumber: katarinaphang.com)

Sabigaju.com – Kebiasaan buruk yakni sering berbohong adalah satu aktivitas yang tentu tidak disukai oleh semua orang baik pria maupun wanita.

Lalu, tahukah kamu bahwa ada korelasi antara pepatah yang sangat sesuai untuk menggambarkan seorang yang telah merasakan pahitnya diselingkuhi: ‘Once a cheater, always a cheater’ atau ‘Sekali menipu akan tetap menipu’.

Lantas, apakah benar bahwa pria yang sering berbohong sudah pasti akan selalu berbohong?

BACA JUGA:  Alasan Mengapa Pria Suka Berbohong pada Pasangannya  

Once a Cheater, Always a Cheater

Dalam sebuah penelitian yang khusus meneliti tentang frasa ini. Penelitian tersebut dilaksanakan beberapa waktu lalu  dan dilakukan oleh seorang peneliti dari Kinsey Institute yaitu Dr Justin Lehmiller.

Penelitian tersebut diuji secara akademis mengenai kejadian perselingkuhan yang beruntun. Hasil dari penelitian tersebut diterbitkan dalam Archives Journal of Sexual Behaviour.

Hasilnya? Ternyata ungkapan klise ‘Once a Cheater, Always a Cheater’ memang benar adanya.

Survey yang melibatkan lebih dari 400 responden pria dewasa itu memberikan kesimpulan bahwa mereka pernah menyelingkuhi pasangan mereka di hubungan sebelumnya.

BACA JUGA: Sederet Faktor Hal yang Bisa Memicu Seorang Pria Berselingkuh 

Kemungkinan 3,5 Kali Lebih Besar

Penelitian tersebut juga menghasilkan kesimpulan berupa pria yang telah berselingkuh dalam suatu hubungan berpotensi melakukan selingkuh kembali sebanyak 3,5 kali lebih besar daripada mereka yang belum pernah berselingkuh sama sekali.

BACA JUGA: Lima Perkara yang Bisa Rusak Persahabatan Cowok

Meskipun demikian kemungkinan ini tidak bisa dikatakan sepenuhnya valid. Hal ini terjadi karena para peneliti juga menemukan fakta bahwa banyak dari responden pria tersebut yang pernah berselingkuh namun memilih untuk tidak akan pernah melakukannya lagi.

Tidak Ada Alasan Khusus

Satu hal yang membuat hasil penelitian ini menarik adalah tidak ada alasan khusus mengapa seseorang sering berbohong memilih untuk berselingkuh.

Namun, menurut Dr. Lehmiller, salah satu koleganya di Kinsey Institute menemukan fakta bahwa terdapat gen perselingkuhan dalam sejumlah kasus selingkuh.

BACA JUGA: Lima Kualitas yang Harus Dimiliki Pria untuk Menjadi Suami Terbaik

“Beberapa orang mungkin memilih untuk mencari sensasi dengan cara berselingkuh. Mereka juga memiliki kebutuhan yang semakin bertambah pada pertemuan seksual yang berisiko,” jelasnya.

Hal ini berkaitan erat dengan kurangnya reseptor dopamine, yaitu bagian dari otak untuk merasakan kepuasan.

Dengan kata lain, pria bisa saja memilih sering berbohong untuk berselingkuh agar dapat merasakan kepuasan. (Sbg/Vania)

Comments