Beranda SABIGAJU+ Apa Itu Kelainan Seks? Kenali Ciri dan Jenisnya

Apa Itu Kelainan Seks? Kenali Ciri dan Jenisnya

10 menit baca
0
0
23
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

Sabigaju.com – Mungkin banyak dari kita tak menyadari bila di masyarakat kini banyak terjadi penyimpangan seksual. Nah, mayoritas penderita kelainan seksual ini mungkin akan menganggap dirinya teralienasi, akibat dikucilkan atau karena memiliki kecenderungan seks yang berbeda dari orang pada umumnya.

Itu sebabnya banyak penderita kelainan seksual tertutup dan kurang luwes dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kelainan seksual yang diidap biasanya ditutupi agar terlihat normal di mata masyarakat.

Istilah kelainan seks pertama kali disebut oleh seorang psikoterapis bernama Wilhelm Stekel dalam bukunya berjudul ‘Sexual Aberrations’ pada tahun 1925 dengan nama paraphilia. Paraphilia berasal dari bahasa Yunani, para berarti “di samping” dan philia berarti “cinta”.

Definisi mengenai paraphilia menjelaskan sebagai kondisi yang ditandai dorongan, fantasi, atau perilaku seksual yang berulang dan intensif, yang melibatkan objek, aktivitas atau situasi yang tidak biasa dan menimbulkan keadaan distress (stres yang berbahaya) yang meyakinkan secara klinis atau kerusakan dalam masyarakat, pekerjaan atau area fungsi-fungsi lainnya.

Lalu, bagaimana memahami jenis dan ciri-ciri dari individu yang memiliki kelainan seksual? Berikut berbagai jenis kelainan seksual, yang dihimpun oleh Sabigaju.

1. Kelainan Seks Eksibisionisme

Eksibisionisme adalah suatu kelainan seksual yang termasuk dalam kategori paraphilia, yaitu objek pemenuhan kebutuhan seksual yang tidak lazim dan dianggap menyimpang.

Kelainan seksual ini adalah dimana seseorang yang gemar mempertunjukkan alat kelamin kepada orang yang tidak dikenal untuk mendapatkan kenikmatan seksual

Penderita eksibisionisme atau disebut eksibisionis mendapatkan rangsangan seksual ketika melihat reaksi korban saat terkejut, takut, menjerit, teriak, atau lari.

2. Kelainan Seks Fetisisme

Fetisisme adalah salah satu jenis perilaku seks menyimpang dalam paraphilia, dimana para pengidapnya menyalurkan kepuasan seksnya dengan cara beronani dengan benda-benda mati, seperti gaun, bando, selendang sutra, bra, celana dalam, kaus kaki, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan kenikmatan seksual.

3. Kelainan Seks Froteurisme

Bentuk kelainan seks ini adalah saat sesorang merasakan kenikmatan seksual dengan menyentuh dan menggesek-gesekkan ke bagian sensitif orang yang sedang tidak memperhatikan di tempat yang berdesakan.

Di sini penderita froteurime mendapat kepuasan seksual dengan menggesekkan kelamin pada tubuh orang yang tak dikenal.

Beberapa kasus froteurisme pernah dialami sejumlah netizen di ibu kota, yang mengungkapnya di media sosial. Mereka mengalami hal itu saat di tempat umum yang penuh sesak seperti bus atau kereta.

4. Kelainan Seks Pedofilia

Pedofilia adalah kelainan psikoseksual, dimana orang dewasa atau remaja memiliki ketertarikan seksual terhadap anak-anak bahkan hingga melibatkan aktivitas seksual dengan anak-anak.

Pengidap Pedofilia biasanya memaksa anak menonton si pelaku yang sedang masturbasi, memegang kelamin anak, sampai melakukan hubungan seksual dengan si anak.

Banyak kasus pedofilia terjadi pada keluarga sendiri. Si penderita kelainan seksual ini kerap menjadikan anak atau anggota keluarga lain sebagai korban.

5. Kelainan Seks Gerontophilia

Kelainan seks ini terjadi saat seseorang mencari kepuasan seksual dari orang yang sudah lanjut usia nenek-nenek ataupun kakek-kakek). Ciri-ciri penderita kelainan seksual semacam ini adalah adanya keluhan, di mana si penderita merasa impoten bila menghadapi istri/suami sebagai pasangan seksualnya,

Dilansir situs forensicpsychiatry.ca, bahwa seseorang yang mengalami kelainan gerontopilia gairah seksualnya kepada pasangan yang sebenarnya justru bisa bangkit lagi jika mereka telah bertemu dengan idamannya, dimana pasangannya itu sudah berusia lanjut.

6. Kelainan Seks Sadomasokis dan Masokisme

Kelainan seks dimana pengidapnya mendapat kepuasan seksual dari memberikan dan menerima rasa sakit. Rasa sakit akibat kekerasan verbal atau non-verbal yang sengaja disebabkan oleh diri sendiri atau disebabkan oleh pasangan. Kata-kata kasar dan makian merupakan kepuasan seksual bagi si pelaku.

Aktivitas seksual yang dilakukan oleh pengidap sadomasokis sering kali menyerempet bahaya. Misalnya, mencekik hingga tubuh mencapai kondisi kekurangan oksigen dengan tujuan mencapai kepuasan seksual.

Tindakan memukul, mengiris, gigitan, mengikat, mencekik, bahkan mencambuk yang berbahaya justru menjadi kepuasan tersendiri bagi si pelaku.

Sementara Masokisme adalah kebalikan dari kecenderungan Sadomasokisme tadi. Masokisme merupakan kelainan seks bagi seseorang, yang menikmatinya jika dirinya disiksa terlebih dahulu oleh pasangannya. Ciri-cirinya adalah, orang yang memiliki kecenderungan ini sangat ingin dikasari oleh pasangannya saat melakukan kontak seksual.

7. Kelainan Seks Sadisme

Ini adalah bentuk kelainan seksual yang mengerikan. Pengidap kelainan seks ini mendapat kepuasan seksual ketika menyiksa pasangannya. Penderitaan fisik atau psikologis pasangan akan membawa kesenangan dan kepuasan seksual bagi penderita kelainan seks ini.

Orang yang memiliki kelainan seks ini merasa dirinya berkuasa atas pasangannya. Tak jarang terjadi pemerkosaan, bahkan pembunuhan lantaran mengidap kelainan seks ini. Pada kasus ekstrem, kematian pasangan akan membawa kegembiraan bagi si pelaku.

8. Kelainan Seks Necrophilia

Necrophilia adalah kelainan seksual dimana pengidapnya lebih menyukai bercinta dengan mayat daripada dengan manusia. Mulai dari mayat yang berpengawet hingga tulang belulang.

Ada beberapa jenis necrophilia. Pertama, necrophilic homicide, penderitanya harus membunuh terlebih dahulu untuk mendapatkan mayat dan memperoleh kepuasan seksual. Kedua, regular necrophilia, si penderita hanya menggunakan mayat yang sudah mati untuk memperoleh kesenangan seksual. Tingkatan lainnya adalah necrophilic fantasy, si penderita berfantasi berhubungan seks dengan mayat, tetapi tidak melakukannya.

9. Kelainan Seks Zoofilia

Ini adalah kelainan seks dimana penderitanya memiliki ketertarikan untuk berhubungan seksual secara intens dengan hewan.

Meskipun bagi sebagian besar orang kondisi ini tampak aneh, bagi mereka justru tidak. Yup para zoolopis mungkin dapat melihat keseksian seekor kuda dan terangsang untuk berhubungan seks dengan hewan tersebut.

Seorang zoofilis itu melakukan hubungan seks paket lengkap lho dengan hewan. Maksudnya, mereka sampai meraih orgasme. Kalau yang lelaki hingga mengalami ejakulasi, kalau yang wanita ya sampai si hewan ejakulasi di Miss V. wanita zoofilis itu.

10. Kelainan Seks Mechanophilia

Mechanophilia adalah kelainan seks dimana penderitanya memiliki ketertarikan untuk melakukan hubungan seksual dengan mesin seperti sepeda, kendaraan bermotor, helikopter dan pesawat terbang hingga pipa knalpot.

Dalam beberapa peristiwa, mechanapolia terdeteksi pada pria yang berhubungan seks dengan mobil ataupun seorang wanita yang kedapatan menikah dengan kendaraan truk beberapa waktu lalu.

Semoga uraian tentang kelainan seksual tadi bermanfaat untuk Anda. (Sbg/Rig)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Pasangan Zodiak Paling Serasi (Part IV)

Sabigaju.com – Bagi kamu yang sudah mengikuti Pasangan Zodiak Paling Serasi Part I, …