Cyberbullying
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Media sosial Instagram kerap kali menjadi sarana bagi seseorang untuk  melampiaskan cyberbullying yang ternyata lebih berbahaya dibanding tindakan di dunia nyata.

Bentuk cyberbullying secara online pun beragam. Misalnya saja, memanggil nama dengan panggilan mengejek, mempermalukan orang di hadapan umum, ancaman fisik, hingga pelecehan seksual secara online.

Perundungan atau cyberbullying macam ini di media sosial memang bukan hal baru. Perempuan, remaja, dan partisan kelompok politik adalah kelompok yang kerap menjadi korban atau pelaku bullying di media sosial.

Terkait cyberbullying, Jurnalis senior, Joel Stein menuliskan ulasan di situs  Times soal mengapa masyarakat modern tunduk pada budaya kebencian di internet. Alih-alih memajukan dan menjadi sarana bertukar informasi yang sehat, internet khususnya media sosial, menjadi tempat untuk saling menghina dan menghancurkan hidup orang lain.

Ia bahkan dengan lantang menyebut internet telah menjadi tempat bagi seseorang menjadi monster menakutkan yang bisa menghancurkan hidup orang lain hanya untuk bersenang-senang.

Dahsyat bukan jahatnya cyberbullying?

BACA JUGA: Sederet Tanda Buat kamu untuk Unfollow Seseorang di Instagram 

Instagram Antisipasi Cyberbullying

Nah, terkait dengan maraknya cyberbullying, Instagram meluncurkan fitur Restrict yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari komentar maupun pesan yang bernada negatif.

Dalam keterangan resminya, Instagram mengatakan banyak orang khususnya remaja merasa sungkan untuk melapor atau memblokir komentar dan pesan negatif  ataupun bentuk-bentuk cyberbullying yang mengusik dirinya.

“Fitur Restrict didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” kata juru bicara Instagram dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: Penghapusan Fitur Likes di Instagram Baik untuk Kesehatan Mental?

Cara Menggunakan Fitur Restrict untuk Cegah Cyber Bullying

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menggeser ke kiri pada komentar yang tak diinginkan.

Kemudian pilih opsi Restrict. Setelah itu, komentar dari akun tersebut hanya akan dilihat oleh dirinya sendiri. Cara serupa juga dapat dilakukan untuk mengubahnya yakni dengan memilih ‘Unrestrict’ atau Batal Batasi.

Sementara pemilik akun maupun orang lain tidak dapat melihat komen tersebut. Instagram pun memberikan kebebasan bagi pengguna untuk tetap melihat komentar tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”.

Selain pada kolom komentar, fitur ini juga tersedia di Pesan Langsung atau Direct Message (DM). Saat pemilik akun membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim orang tersebut akan pindah ke Message Request.

Cyberbullying
(Foto: Instagram)

BACA JUGA: Begini Cara Menambah Followers Instagram Jadi Bejibun

Orang yang dibatasi itu juga tidak dapat melihat tanda telah dibaca atau ‘Seen’ jika pemilik akun telah membacanya dan tidak bisa menampilkan tanda aktif.

Pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari akun-akun yang telah dibatasi sebelumnya.

Selain itu, dalam upaya mengampanyekan anti-bullying, Instagram juga merilis stiker bertuliskan ‘Create Don’t Hate’.

Instagram ingin mengajak para penggunanya untuk tetap menjaga platformnya terbebas dari aksi cyberbullying. (Sbg/Rig)

Comments