AC mobil bis berpotensi terkait penyebaran corona lewat udara
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Baru-baru ini badan kesehatan Dunia WHO mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebut virus corona dapat bertahan lama di udara dalam ruang tertutup, dan ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Nah Pernyataan tersebut tentunya menimbulkan kerisauan bagi banyak orang yang kini memilih menggunakan kedaraan mobil untuk menghindari transportasi publik.

Para pengguna kendaraan mobil mengkhawatirkan penularan virus corona (Covid-19) lewat udara bisa terjadi di ruangan sempit seperti kabin mobil yang memakai sistem penyejuk udara alias AC.

BACA JUGA: Penularan Corona Lewat Udara, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Jaga Kebersihan AC Mobil

Di kabin mobil risiko penularan bisa semakin besar pasalnya berukuran sempit dan diperparah sirkulasi AC mobil memutar udara yang itu-itu saja.

Untuk mencegah penularan virus, tak ada salahnya bagi pemilik mobil untuk menjaga kebersihan AC. Salah satunya dengan menjaga kebersihan evaporator. Kebersihan komponen ini amat berpengaruh pada kondisi udara yang kita hirup selama menyalakan AC mobil.

Evaporator idealnya dibersihkan minimal setahun sekali atau tiap 20.000 km.Selain dibersihkan, menurutnya filter kabin pada evaporator juga harus diganti rutin.

Sebab pada evaporator mobil keluaran baru, bahan materialnya disebut lebih tipis, sehingga mudah korosi dan bocor.

BACA JUGA: Sederet Pilihan Mobil Keluarga di Era New Normal

Membersihkan Kabin Mobil

Cara pencegahan lain untuk menjaga sirkulasi udara di dalam mobil agar tetap bersih, yakni dengan rutin membersihkan kabin mobil itu sendiri.

Intinya yang pertama, barang-barang yang masuk ke dalam kabin harus bersih terlebih dahulu, dengan begitu sistem penyejuk kabin juga akan sejuk dan bersih dari virus

Dengan kondisi kabin yang bersih, otomatis kuman-kuman atau bakteri yang ada di dalam ruang kemudi roda empat itu juga akan mati. Pembersihan bagian dalam mobil bisa dilakukan menggunakan bahan tertentu dan alat khusus sehingga pembersihan bisa maksimal.

Selain itu jangan lupa untuk membersihkan bagian interior mobil. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan disinfektan. Namun Kamu harus dimemasstikan kandungan dari bahan-bahan yang digunakan aman dan tidak merusak interior mobil.

Jika kamu ragu menggunakan disinfektan, kamu bisa menggunakan sabun bayi yang batangan. Sabun bayi batangan mempunyai PH yang lebih seimbang dibandingkan yang cair. Selain itu harganya murah dan mudah didapatkan, jadi sabun batangan bisa dipotong-potong kecil dan ditambah air.

Dan pastikan beberapa bagian mobil seperti gagang pintu, setir, shifter, kenop sabuk pengaman, dan permukaan yang kerap berinteraksi dengan pengemudi atau penumpang juga dibersihkan.

BACA JUGA: Ini Soal Kebutuhan, Mobil Bekas Juga Oke Kok Sob!

Penting Mengganti Udara Mobil

Nah selain itu para pemilik kendaraan roda empat, dianjuran agar membuka jendela di pagi hari sebelum digunakan beraktivitas.

Membuka jendela mobil juga berguna agar  kita tidak berada dalam satu lingkungan udara yang tidak pernah tergantikan ataupun terjebak dalam satu ruang terbatas, dengan AC yang bersirkulasi di dalamnya

Dengan begitu, maka udara yang ada di dalam kabin akan bersirkulasi dan berganti dengan udara segar dari luar.

Udara dalam ruang tertutup yang tidak bersirkulasi dengan baik, akan sangat rentan terhadap penyebaran virus tersebut. Apalagi bila dalam satu ruangan tertutup itu diisi oleh banyak orang. (Sbg/Rig)

Comments