Anti Sosial
(Foto: growthbusiness.co.uk)

Sabigaju.com – Tinjauan ilmu Sosial menyebut kalau manusia adalah mahluk yang tidak bisa hidup sendiri alias, makhluk sosial. Jadi tidaklah mengherankan kalau kita yang berinisiatif untuk melakukan aktivitas sosial satu sama lainnya.

Bahkan banyak dari kita yang menjadi anak gaul dan memiliki banyak teman dan faktanya, hal itu baik bagi kehidupan. Lantas apakah memiliki sikap anti sosial itu salah dan tidak bermanfaat sama sekali?

Nggak juga tuh! Yuk Kita tinjau ulasannya dari sisi ilmiah.

BACA JUGA: Bersyukur Saat Bekerja Bikin Kamu Bahagia

Anti Sosial dan Kesuksesan

Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan oleh Profesor Richard Arum dan Josipa Roksa, terhadap 2.300 murid pra-sarjana (undergraduate) yang berasal dari 24 perguruan tinggi, ditemukan bahwa 45% diantaranya tidak menunjukkan perkembangan belajar atau keterampilan yang signifikan di 2 tahun ajaran pertamanya.

Hal ini dikarenakan sebanyak 45% adalah mereka-mereka yang selalu bersosialisasi. Nah orang-orang yang menjadi lingkar sosial mereka, dikatakan cenderung menjadi pengganggu dalam proses edukasi yang sedang mereka jalani.

Jadi sekali lagi dengan kata lain, apabila memang ingin memiliki kesuksesan hidup, maka jalan satu-satunya adalah menjadi sosok yang introvert nan individualis.

BACA JUGA: 5 Konsep Pertemanan yang Salah dan Wajib Kamu Hindari

Mungkin ketika membaca pernyataan ini, banyak dari kita yang sedikit cemas kalau-kalau nantinya, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan kita.

Pasalnya kita sendiri juga sering mendengar ungkapan kalau kita jarang bersosialisasi, hal ini akan membuat kita lebih cepat sakit atau bahkan lebih mengerikannya, meregang nyawa. Namun tenang saja guys. Omongan ini faktanya belum benar-benar terbukti secara ilmiah.

Malah berdasarkan pernyataan dari seorang analis, Dr. Elyakim Kislev, pada dasarnya, seseorang akan jauh lebih sukses hidupnya apabila ia lebih banyak memiliki waktu untuk dirinya (me time).

BACA JUGA: Masih Suka Kemana-mana Bergerombol? Pergi Sendirian itu Keren Men! 

Bukan Akhir Dunia Ini Apabila Tidak Menjadi Anak Gaul

Semoga setelah membaca ini, bagi kamu-kamu yang kerap dicibir “kuper” atau “anti-sosial”, jangan berkecil hati guys!

Faktanya banyak kok kita lihat orang-orang sukses seperti Einstein atau gampangnya, aktor atau penyanyi top yang sukses besar karena dirinya memang cenderung lebih menyukai kesendirian.

Mereka mungkin bersosialisasi. Tapi seperti yang kita sering baca atau lihat di TV atau internet, mereka melakukan dalam porsi secukupnya saja.

Memang ada yang anak gaul banget seperti contohnya Cara Delevingne atau Tom Hanks. Namun, mereka pun tetap terlihat agak awkward ketika sedang berinteraksi dengan orang lain.

Dan hal ini dikarenakan kebanyakan dari mereka pun sebenarnya jugalah sosok yang anti-sosial. Jadi tak usah berkecil hati ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments