Sabigaju.com – Bassist Kerispatih, Andika, dikabarkan tutup usia pada Selasa (10/4/2018). Bassist Kerispatih tersebut sebelumnya sempat jatuh dan dilarikan ke rumah sakit 4 hari yang lalu. Kuat dugaan bahwa bassist Kerispatih tersebut meninggal karena diabetes dan stroke. Kepergian bassist ini terkesan mendadak terutama di mata kekasih mendiang karena sebelumnya ia sempat dinyatakan tidak sakit.

Diduga Memiliki Riwayat Diabetes dan Didiagnosa Stroke

Kekasih mendiang Andika, Nicky Santoso, menuturkan bahwa bassist Kerispatih ini memiliki riwayat diabetes. Ketika sempat jatuh dan dibawa ke rumah sakit, Andika ‘Kerispatih’ didiagnosa menderita stroke oleh dokter.

Nicky sendiri sempat kaget dan tidak percaya mendengar kabar tersebut. Sebelumnya, tidak ada tanda-tanda bahwa Andika akan pergi secepat itu. Semalam, Andika dikabarkan sudah pulang dari rumah sakit. Pihak rumah sakit pun berkata bahwa Andika sudah tidak sakit apa-apa namun sebaiknya ia tidak berpikir yang berat-berat.

Nicky mengaku mengetahui kabar ini dari keluarga Andika. Lewat keluarganya pulalah, Nicky mengetahui bahwa Andika sudah menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 10-an.

Diabetes dan Komplikasi Stroke

Diabetes merupakan suatu penyakit yang terjadi karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah). Keadaan lain yang dapat menyebabkan sakit diabetes adalah insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau bisa juga karena insulin tidak bekerja dengan baik. Hal ini akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Menurut dr. Wismandari Wisnu, konsultan endokrin, metabolik dan diabetes Rumah Sakit Pondok Indah, pasien diabetes nyaris tidak mengalami keluhan. Inilah yang menyebabkan pasien sering hilang kontrol. Pasien dan orang-orang terdekat pasien perlu paham mengenai diabetes sehingga dapat mengetahui apa yang harus dilakukan.

Penyakit jantung dan stroke adalah komplikasi diabetes yang paling banyak menyebabkan kematian. Penderita diabetes memiliki risiko terkena serangan jantung serta stroke dua kali lipat lebih besar dibandingkan nondiabetes. Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes adalah gaya hidup tidak sehat, konsumsi makanan dengan kadar gula berlebihan, kurang tidur serta olahraga yang tidak teratur. (Sbg/Van)

Comments