Sabigaju.com – Relationship anxiety atau kecemasan dalam hubungan bisa diumpamakan kanker dalam tubuh. Bila kecemasan itu begitu besar dalam hubungan Anda saat ini, maka satu-satunya yang bisa mengubah semua itu hanyalah Anda.

Pengalaman kekecewaan pada masalalu bisa membentuk kecenderungan kecemasan dalam hubungan Anda sekarang. Kecemasan tersebut bisa memberi dampak buruk pada hubungan sesederhana kepercayaan pada pasangan yang berkurang, padahal tidak ada masalah atau ketegangan apapun yang memicunya. Kecemasan berlebihan memang bisa se-impactful itu. Sayangnya, hal tersebut bisa membuat hubungan yang sesungguhnya baik-baik saja menjadi tidak baik-baik saja.

Satu-satunya cara untuk melepaskan kecemasan yang Anda rasakan dalam hubungan adalah dengan belajar bahwa Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dan tidak dapat mengendalikan hasil dari situasi apapun. Tetapi, ada cara lain juga yang bisa Anda lakukan seperti menghindari beberapa hal berikut ini:

 

  1. Berhenti Mengontrol Segala Hal

Menjalani hubungan adalah tentang Anda dan pasangan bukan semata-mata tentang diri Anda saja. Karena itulah, mengontrol segala hal dalam hubungan bisa memperburuk hubungan Anda. Sesungguhnya, tak ada orang yang benar-benar suka dikontrol, begitu juga dengan pasangan Anda. Jadi, berhenti mengontrol segala hal dan berusaha untuk menerima berbagai kemungkinan. Pada kenyatannya, kehidupan tidak selalu tentang apa yang Anda inginkan. Jadi, bersiaplah untuk beragam kemungkinan.

 

  1. Menyadari Bahwa Kecemasan Anda Berdampak Buruk pada Pasangan

Seperti yang disinggung pada poin pertama, kecemasan Anda saat menjalani hubungan bersamanya bukan hanya membuat Anda tidak nyaman. Namun, dia pun merasakan demikian. Anda pasti pernah berada di sekumpulan orang yang sedang dilingkupi kecemasan. Hal tersebut membuat Anda kesulitan berkomunikasi dengan mereka. Begitu pun dengan pasangan Anda saat menghadapi kecemasan berlebihan dalam diri Anda. Perasaan takut melukai hati Anda dan perasaan tidak nyaman lainnya bisa menjadi bom waktu dalam hubungan Anda berdua.

 

  1. Pikirkan Terlebih Dulu sebelum Bertindak

Pikiran yang dilingkupi oleh rasa cemas membuat Anda kesulitan untuk berpikir rasional. Karena itulah, sebaiknya jangan bereaksi ketika Anda merasa cemas. Perasaan cemas membuat Anda panik dan bisa saja reaksi Anda tersebut justru memperkeruh suasana.

 

  1. Berusaha untuk Tidak Membesar-Besarkan Masalah

Seseorang dengan kecenderungan anxiety atau gangguan kecemasan, biarnya memiliki bayangan di kepalanya sendiri tentang suatu masalah yang dia alami. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang terus berlanjut. Sehingga Anda bisa melihat suatu masalah kecil menjadi besar, padahal sesungguhnya tidak sebesar itu. Oleh karena itu, penting untuk Anda yang ingin terbebas dari relationship anxiety untuk tidak membiasakan diri berpikir berlebihan untuk kondisi tertentu yang tak sesuai dengan keinginan Anda.

 

  1. Over Analyzing

Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada setiap gerak, kata, hingga memadukannya pada asumsi Anda saat menghadapi kondisi yang kurang menyenangkan dengan pasangan. Seringkali hal tersebut justru membuat Anda jadi lebih dramatis sehingga Anda bereaksi berlebihan. Pertengkaran pun bisa jadi tak terelakkan lagi.

 

  1. Jangan Memendam Perasaan Tidak Nyaman

Dalam suatu hubungan, komunikasi adalah hal yang bisa disebut kunci. Anda dan pasangan tentunya melewati berbagai momen suka dan duka. Ada kalanya hal tidak menyenangkan harus mampir dan membuat Anda merasa tak nyaman. Jangan menimbun perasaan tidak nyaman tersebut dengan tidak menceritakannya pada pasangan. Ungkapkan bila Anda merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Perasaan tak nyaman yang Anda pendam bisa memperparah rasa cemas dalam diri Anda. Selain itu, Anda juga seperti menyimpan bom waktu yang bisa meledak kapan saja saat terkena percikan api.

 

  1. Jangan Memperumit Kondisi

Tanpa kita sadari, kecemasan seringkali muncul karena kita merasa tak mampu melakukan sesuatu dan membuatnya jadih lebih rumit. Dalam hubungan pun seperti itu. Relationship anxiety bisa muncul karena Anda memandang rumit suatu peristiwa atau masalah. Bukan fokus pada penyelesaiannya, tetapi justru fokus membuatnya jadi terlihat rumit. Maka dari itu, coba sederhanakan segala sesuatu agar Anda merasa ringan dan masalah bisa terselesaikan.

Ketujuh hal tersebut bisa Anda hindari untuk mengatasi atau menghindari relationship anxiety. Cemas boleh, tapi selalu ingat untuk tidak berlebihan. Cara termudahnya, buat diri Anda nyaman sehingga pasangan pun merasa nyaman. Karena perasaan cemas tak hanya membuat Anda tidak nyaman, dia pun merasakan hal yang sama!

Comments