(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Aktivitas diet kerap dianggap sebagai langkah tak mudah oleh banyak orang lantaran anggapan butuh waktu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun untuk mencapai berat badan ideal.

Namun kini, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi masih bingung diet seperti apa yang kamu perlukan, sepertinya diet whole30 bisa kamu jadikan pilihan.

Diet whole30 ialah diet yang bisa menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan. Selain menurunkan berat badan juga dapat mengatur sistem metabolisme pada tubuh.

BACA JUGA:

 

Mengenal Prinsip Diet Whole30

Walau kini tengah ramai dibicarakan orang, diet whole30 sebenarnya bukan jenis diet baru. Program ini pertama kali dikenalkan pada April 2009 oleh Melissa Hartwig. Sejak saat itu, disebut jutaan orang mengikuti program diet ini.

Secara sederhana, diet whole30 merupakan diet yang tidak mengonsumsi makanan-makanan yang dianggap berbahaya bagi tubuh seperti merusak usus, menimbulkan radang, dan meningkatkan gula darah.

(Foto: Pixabay)

Diet Whole30 mengharuskan pengikutnya untuk mengonsumsi makanan yang alami atau melalui sedikit pengolahan.

Selama 30 hari itu, pengikut diet Whole 30 dilarang untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang berisiko mengganggu metabolisme tubuh yaitu: tambahan gula, alkohol, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, penyedap seperti MSG, makanan yang dipanggang, junk food, dan camilan. Sehingga tubuh Anda akan melakukan proses recovery alami dalam kurun waktu tersebut.

Selain varian makanan tersebut, tentu masih banyak lagi jenis makanan yang tergolong kurang sehat. Jadi, kamu sendiri yang mesti cermat memilah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

(Foto: Pexels)

 

Kapan pun kamu gagal melakukannya, kamu harus mengulang lagi dari hari pertama. Kalau kamu menjalaninya dengan cara yang tepat, tubuh Anda akan lebih bugar dan berat badan pun akan turun secara bertahap.

Namun, tidak seperti jenis diet lainnya,kamu masih bisa menyantap beragam makanan lezat saat menjalani metode diet ini, seperti daging dan makanan laut, telur, sayuran dan buah-buahan, sumber lemak alami. Perbanyak makan sayur dan beberapa buah, serta lemak alami. Kombinasikan dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah.

Syarat Mutlak Diet Whole30

Untuk melakukan diet whole30, Kamu harus memiliki kondisi tubuh yang sehat, hasil lab yang bagus. Selama diet juga harus dalam pengawasan dokter,

Namun, diet whole30 ini juga punya efek samping buruk bagi tubuh misalnya tubuh menjadi lemas karena kurangnya asupan karbohidrat. Maka dari itu Diet ini hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang pendek saja

Jika kamu merasa cocok dengan jenis diet ini, tak ada salahnya bila Anda terus melanjutkannya sebagai pola hidup yang baru (Sbg/Rig)

Comments