Sabigaju.com – Negeri Rusia memiliki begitu banyak perpustakaan megah bagai Istana yang tersebar di berbagai pelosok negeri.

Menurut jajak pendapat online  GfK beberapa waktu lalu, Rusia adalah salah satu negara yang menempati tingkat membaca tertinggi kedua setelah China.

Hasil penelitian menunjukan bahwa setidaknya 59% orang Rusia membaca buku setiap hari, atau hampir setiap hari, atau setidaknya satu kali tiap minggunya.

Tingginya minat baca ini didukung dengan menjamurnya perpustakaan megah dan menarik di kota Moskow.

Setidaknya saat ini terdapat 452 perpustakaan megah yang dapat membuat pengunjung betah menghabiskan waktunya di perpustakaan.

Nah berikut sederet perpustakaan megah dan stylish rekomendasi dari Albatrostrip yang wajib dikunjungi saat  mengunjungi Moscow, Rusia:

BACA JUGA: Berencana Libur ke Rusia? Nih Deretan Festival yang Bisa Anda Nikmati!

1. The Russian State Library atau Perpustakaan Lenin

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di Eropa dan keempat terbesar di dunia.

Perpustakaan ini setidaknya memiliki 17 juta buku, dimana koleksi buku ini perpustakaan ini meliputi 367 bahasa, dan memiliki banyak buku-buku langka.

Perpustakaan Megah
Foto: Instagram.com/linkayessentuchok)

Sekitar 4000 orang berkunjung ke perpustakaan ini setiap harinya bukan hanya untuk membaca buku semata.

Banyak diantara mereka yang sengaja datang untuk melihat keindahan eksterior bergaya era Soviet modern dengan interior perpustakaan yang dilengkapi dengan meja-meja kayu klasik dan lampu-lampu klasik berwarna hijau.

Foto: Instagram.com/manuelasorge)

Di perpustakaan ini, pengunjung juga bisa menikmati panorama indah kota Moskow dari lantai atas perpustakaan.

Aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung selain membaca buku, pengunjung juga dapat menghadiri presentasi buku, konferensi, melihat konser dan lain sebagainya yang diselenggarakan oleh perpustakaan.

BACA JUGA: Melongok Stasiun Metro yang Indahnya Bak Istana di Moscow

2. The Russian State Youth Library

Perpustakaan ini menargetkan pembaca anak muda dan menyediakan Comic Strip Center serta toko buku di dalamnya.

Selain perpustakaan ini memiliki sekitar 650.000 koleksi buku, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan Coffee Room, Perpustakaan Musik, Ruang Bahasa Asing, dan masih banyak ruangan lainnya.

(Foto: ideoblocks.com)

Ruangan-ruangan di perpustakaan ini dapat semakin membuat pengunjung merasa santai karena perpustakaan ini menyediakan tempat untuk mendengarkan musik, ruang komputer hingga ruang baca yang dilengkapi sofa-sofa agar pengunjung dapat berbincang-bincang dengan nyaman.

(Foto: artlebedev.ru)

Berbicara mengenai aktivitas perpustakaan, perpustakaan ini sering menyediakan acara-acara seperti pertemuan dengan penulis-penulis buku dan penyair-penyair ternama, klub diskusi hingga seminar yoga.

Perpustakaan ini terletak di salah satu gedung klasik dan indah, Art Noueveau Mansion yang dibangun pada tahun 1903.

3. Perpustakaan Dostoevsky

(Foto: Instagram.com/dostoevsky_library)

Perpustakaan yang direnovasi pada tahun 2013 ini merupakan salah satu perpustakaan paling stylish di Moscow dengan suasana yang santai.

Di perpustakaan ini pengunjung dapat membaca berbagai macam koleksi buku cetak maupun buku online hingga menonton TV series dengan gratis.

(Foto: Instagram.com/aldri__)

Aktivitas yang dapat diikuti di perpustakaan ini diantaranya diskusi berbagai macam topik sejarah, dan sering dipergunakan untuk peluncuran buku-buku baru.

BACA JUGA: Minim Minat Baca, Fakta Ironis di Hari Buku Sedunia

4. Sergei Eisenstein Cinema Art Library

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang unik karena perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang bertema budaya dan seni, khususnya yang terkait dengan film.

(Foto: caboosebooks.net)

Pengunjung selain bisa menemukan banyak koleksi-koleksi majalah atau buku-buku mengenai cinema dan film, pengunjung juga bisa menghadiri presentasi dan pemutaran film hampir setiap harinya.

Secara berkala biasanya Director dan aktor-aktor menghadiri perpustakaan ini untuk menunjukan film-film mereka.

Perpustakaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi bagi pecinta film atau cinema. (Sbg/Rig/Mhr)

Comments