Streaming Film Gratis
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kehadiran keberadaan berbagai situs streaming film gratis di dunia maya adalah surga bagi pecinta film. Terlebih lagi bagi mereka yang memang tak bisa secara langsung menonton berbagai film favoritnya karena ketiadaan bioskop atau keterbatasan uang untung menonton film di bioskop.

Berbagai web seperti indowebster, indoxxi, atau Lk21, menjadi jujugan masyarakat untuk bisa menikmati film kesukaannya.

Namun, situs film gratis terpopuler, IndoXXI bakal menutup layanan per 1 Januari 2020. Hal itu terkait rencana pemerintah untuk memblokir situs streaming film IndoXXI pada awal tahun depan.

Ragam komentar warganet pun mempertanyakan sikap pemerintah yang membuat mereka menjadi kesulitan untuk mengakses situs streaming film gratis  itu di tahun 2020 mendatang.

BACA JUGA: Film Joker: Gangguan Mental dan Kriminalitas

Tidak Ada Nonton Film yang Gratis

Di era digital, aktivitas menonton streaming film gratis sudah sangat mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dinikmati oleh siapa pun yang ingin menikmati film

Kamu tinggal mengaksesnya melalui layar komputer dan terkoneksi Internet, tanpa perlu mendaftar dan bersifat gratis tanpa membayar uang sepeser pun.

Nah, sebenarnya selama ini masyarakat banyak yang salah kaprah kalau akses ke situs tersebut tidak sepenuhnya gratis.

Sebab penonton akan dipaksa mengklik “tutup” rentetan iklan yang muncul dan menutup layar. Nah, Jika kamu mengklik iklan tersebut, maka keuntungan akan mengalir ke pemilik situs.

Dan semakin banyak orang mengunjungi situs streaming film bajakan, semakin banyak keuntungan yang didapat.

BACA JUGA: Berbagai Persiapan Sebelum Nonton Film Bersama si Dia 

Cederanya Hak Cipta

Selain itu hadirnya situs streaming film gratis seperti IndoXXI dianggap telah mencederai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Mereka menyediakan layanan hiburan berupa film dan musik ilegal di mana kreator jelas dirugikan.

Pencurian konten tidak dapat disangkal menyakiti industri kreatif Indonesia dengan mencuri dari penciptanya.  Pelanggaran hak cipta membuat pemilik dari hak cipta mengalami kerugian ekonomi.

Hal ini tentunya berbahaya sebab di era digital, kekayaan (hak cipta) yang harus dilindungi. Kalau tidak nanti orang malas berkreasi.

BACA JUGA: Betapa Spoiler Film Memang Menjengkelkan

Pemerintah mengajak penikmat sinema untuk mulai beralih memanfaatkan situs streaming film resmi yang mayoritas berbayar, dengan tetap mendorong kepada situs berbayar tersebut untuk mulai membayar pajak yang selama ini masih nihil.

Boleh aja nonton film gratis kalau memang memungkinkan. Tapi kalau gak, ya gak apa-apa sesekali keluar duit.

Jika menonton sudah menjadi kebutuhan kahu harus menyiapkan pengeluaran dan diperhitungkan dengan seksama. Jadilah orang yang bijak dan gak merugikan orang lain.

Yang jelas situs streaming film gratis  bukan pilihan buat kebutuhan. (Sbg/Rig)

Comments