Bos Marah saat siang Hari
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Apakah kamu punya pengalaman kena marah oleh Bos saat siang hari? Nggak usah kecil hati yah gaes, soalnya hal itu sering terjadi lho pada banyak orang.

Yup, siang hari bisa dibilang salah satu waktu krusial di kantor, sebab beberapa orang seperti rekan kerja atau bos kerap menjadi lebih pemarah dan kurang waspada di sore hari dibandingkan saat pagi hari?

Mau tau, apa penyebabnya orang suka marah-marah di siang hari saat bekerja di kantor? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Rasa Marah Tanpa Sebab

Penelitian Soal Rasa Marah di Siang Hari

Sebuah Penelitian menyebutkan, kondisi otak manusia di saat tengah nhari mulai penuh. Apalagi dalam keadaan tidak rileks, membuat orang jadi lebih marah.

Menurut Greg Murray dari Swinburne University di Australia menjelaskan, memahami bagaimana aktivitas dalam sistem penghargaan otak yang kerap berubah sepanjang hari dapat memiliki implikasi pada depresi maupun penyalahgunaan zat dan gangguan tidur.

Biasanya puncaknya banyak orang marah sekira pukul 14.00. Apalagi kalau pekerjaannya masih menumpuk. Para pekerja akan merasa stres dan segera ingin menyelesaikan.

Jika kamu sering marah dan kurang waspada di sore hari dibandingkan dengan pagi hari? Itu karena otak Anda mengharapkan hadiah, sementara aktivasi lebih besar di pagi dan sore hari karena penghargaan tidak diharapkan pada saat ini, kata penelitian itu

Temuan ini menunjukkan bahwa aktivasi daerah otak pemrosesan hadiah puncak di pagi dan sore hari dan turun pada pukul 2 siang.

BACA JUGA: Sudah Pisah Tapi Mantan Masih Marah, Cek Yuk

Selain Marah Kewaspadaan Sering  Turun

Para peneliti membandingkan aktivasi sistem penghargaan otak pada lelaki muda selama permainan judi pada pukul 10.00, 14.00, dan jam 19.00.

Mereka menemukan, bahwa aktivasi di putamen kiri otak paling rendah terjadi di sore hari. Temuan ini mungkin paralel dengan penurunan kewaspadaan yang cenderung dirasakan orang saat tengah hari.

“Sementara putamen kiri memiliki aktivasi terbesar pada pukul 10 pagi dan jam 7 malam, ini telah menurunkan aktivasi secara signifikan pada jam 2 siang,” ungkap Jamie Byrne  yang turut dalam penelitian tersebut

“Putamen kiri sangat responsif terhadap penghargaan yang tidak diharapkan, jadi data kami menunjukkan bahwa pusat penghargaan otak mungkin prima untuk mengharapkan penghargaan di sore hari dan akan terkejut saat mereka muncul di awal dan akhir hari,” sambung Byrne.

Hasilnya, kontras dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang melaporkan tengah berada dalam mood terbaik – ukuran subjektif aktivasi penghargaan pada saat siang hari.

BACA JUGA: Marah Antara Lapar dan Bikin Badan Kegemukan

Dampak Marah Marah Siang Hari

Nah, Murray juga menjelaskan, kebiasaan marah-marah di siang hari ini dapat memicu depresi. Sehingga, kamu harus lebih berhati-hati dalam mengatasinya.

Saat siang hari orang cenderung lebih stres. Otak menjadi lebih responsif, terutama saat diburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan.

“Pada pagi hari, otak cenderung lebih fresh. Pukul 10.00 ada sedikit beban. Ditambah lagi kalau mereka tidak sarapan,” terang Murray,

Sementara di sore hari aktivitas otak jadi lebih menurun. Mereka juga akan merasa lebih rileks saat itu.

Nah, sebaiknya jangan biasakan yah gaes marah-marah siang hari biar nggak depresi (Sbg/Rig)

Comments