Sabigaju.com – Sering kita semua mendengar, perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas sehari. Nasihat tersebut memang bukan tanpa dasar. Namun ada hal ilmiah yang bisa menjelaskan, kenapa seorang manusia harus meminum air putih minimal delapan gelas setiap hari.

Perlu diingat, delapan gelas adalah minimal asupan air putih yang diminum. Ukurannya pun bukan gelas besar setengah liter atau satu liter, melainkan gelas biasa ukuran seperempat liter. Lalu mengapa minimal delapan gelas per hari? Ini alasannya.

1. Mayoritas tubuh manusia isinya air
Ini sesuai dengan hasil penelitian para ahli. Sebesar 75 persen tubuh manusia itu isinya air. Karena itu, agar tidak dehidrasi, harus cukup asupan air ke dalam tubuh. Air putih merupakan air sehat yang sangat aman untuk dikonsumsi.

2. Buang zat yang buruk dan sisa metabolisme
Banyak minum air putih akan membuat metabolisme tubuh menjadi bagus. Karena zat buruk saat terjadi proses metabolisme akan dibuang melalui air seni.

3. Membuat jantung sehat
Hasil penelitian para ahli menyebutkan, mengonsumsi air putih cukup dan teratur akan membuat jantung bekerja lebih baik dan sehat.

4. Kulit lebih sehat
Selain menyehatkan jantung, minum air putih minimal 8 gelas per hari, dapat membuat kulit lebih sehat.

5. Terhindar sakit ginjal
Banyak minum air putih akan membuat ginjal kamu bekerja lebih baik. Sirkulasi yang bagus tersebut membuat ginjal pun lebih sehat.

6. Menurunkan tekanan darah
Punya masalah dengan darah tinggi? Salah satu solusinya adalah dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Jadi, sudah tahu kan kenapa manusia harus minum minimal delapan gelas air putih setiap hari? Nggak ada salahnya dicoba ya. (Sbg/nia)

Comments