komitmen

Sabigaju.com – Komitmen adalah fondasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hubungan. Kamu dan pasangan sama-sama harus memiliki dan memberikan hal ini untuk hubungan kalian jika memang ada keinginan untuk bersama dalam jangka panjang. Kenyataannya, ada hubungan yang dibangun tanpa komitmen sama sekali, ada pula yang hanya satu pihak saja yang berkomitmen.

Harus diakui bahwa keinginan berkomitmen bukan hal yang bisa dimiliki semua orang. Baik pria maupun wanita sama-sama punya ‘jurus’-nya sendiri untuk menghindari hal tersebut ketika mereka tidak menginginkannya. Alasan menghindari komitmen, pada pria khususnya, di antaranya adalah menghindari keterikatan.

Kenapa pria suka menghindari komitmen?

Para pria cenderung membutuhkan waktu dan proses yang lebih panjang dalam membulatkan tekadnya untuk berkomitmen pada sebuah hubungan. Kebanyakann pria lebih senang merasa ‘bebas’ sehingga berkomitmen dalam satu hubungan mungkin adalah hal terakhir yang mereka inginkan dalam urusan percintaan.

Jika wanita merasa sudah PDKT cukup lama tapi tak kunjung diberikan kejelasan soal status, well, ada kemungkinan pria yang dekat dengan Anda itu memang tidak ingin berkomitmen. Bisa juga sebenarnya dia ingin menolak, namun dia merasa penolakan itu akan menyakiti Anda sehingga dia memilih cara yang lebih halus; menjebak Anda dalam friendzone.

Yang lebih parah dan bikin pengin ngelus dada, jika alasan pria tak juga menunjukkan komitmennya pada seorang wanita adalah karena mereka tak sadar bahwa wanita tersebut menaruh hati padanya. Eits, jangan salah! Ada lho pria yang segitu tidak pekanya. Hati-hati saja, dekat dengan pria seperti ini bakalan bikin Anda makan hati!

Selain hal-hal di atas, alasan pria menghindari status dalam hubungannya tentu saja karena absensi keyakinan terhadap pasangannya. Kalau hati berkata tidak, mau bagaimana?

Cara pria menghindari komitmen

Hal yang paling mudah dilakukan untuk menghindari komitmen dalam hubungan, tentu saja dengan berpura-pura tidak tahu. Sebelumnya disebutkan bahwa ketidakpekaan pria terhadap perasaan wanita bisa mengakibatkan dia tidak menyinggung soal komitmen dalam hubungan yang terjalin. Di sisi lain, ada juga yang memanfaatkan ketidakpekaan itu sebagai tameng untuk menghindar.

Pria yang enggan berkomitmen juga akan tampak dari pilihannya menggantungkan hubungan. Entah sudah berstatus jadian tapi tak ada rencana jangka panjang, atau masih sebatas dekat tapi tak kunjung jadian. Yang jelas, pria akan tetap welcome menyambut keberadaan wanita yang menawarkan hati untuknya, bersikap seolah-olah ia menerimanya dengan riang gembira, padahal itu hanya demi kesenangan sementara; bukan untuk dijaga dalam ikatan bernama komitmen.

Pria yang menghindari komitmen akan menjauhkan diri dari pembicaraan mengenai keseriusan hubungan. Jika Anda menjalin hubungan dan siap berkomitmen, maka pria-pria yang menghindari dari komitmen ini jelas bukan partner yang seimbang untuk Anda. (Sbg/Er)

Comments