Rutinitas
(Foto: Telegraph)

Sabigaju.com – Rasa bosan ataupun jenuh rentunya dirasakan bagi banyak orang yang punya rutinitas dalam keseharian. Mulai dari bangun di jam yang sama. Berangkat beraktivitas lewat jalur perjalanan yang sama. Mengerjakan hal yang sama. Semuanya sama.

Rutinitas alias aktivitas yang dilakukan secara berulang bukan hanya membosankan. Namun, juga produktivitas dan kreativitas pada dirimu. Kamu bakal semakin sulit untuk menemukan ide-ide baru atau berpikir kreatif ketika dirimu melakukan kebiasaan dan pilihan yang sama berulang-ulang.

So, bagaimana cara mudah dan simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengupgrade diri keluar sejenak dari rutinitas yang membosankan? Simak ulasannya berikut ini!

Cari Suasana Baru

Jika kamu pekerja kantoran maka rutinitas duduk di bangku dengan meja yang sama di kantor yang sama di gedung yang sama sepanjang hari setiap hari, lima hari seminggu, tentunya bakal bikin kamu sulit untuk mendapatkan inspirasi terlebih jika kamu hanya bisa menatap dinding yang sama,

Cobalah cari susana lain. Misalnya, mencoba mencari ide dengan bekerja di luar ruangan. Atau bawa pekerjaan ke kedai kopi favorit. Atau istirahat makan siang di luar ruangan jika kamu selalu terkungkung dengan desktop.

Kamu juga bisa berjalan di taman di sekitar kantor. Mendekatkan diri dengan alam terbukti secara ilmiah meningkatkan konsentrasi.

Cobalah kedai kopi selama beberapa jam, Mengekspos diri Anda pada alam sebenarnya meningkatkan konsentrasimu.

BACA JUGA: Waspada, Jangan Abaikan Sindrom Burnout dalam Bekerja

Buat Zona Tanpa Smartphone

Mengecek smartphone seakan tak terpisahkan dari aktivitas banyak orang saat ini. Rutinitas utak-atik smartphone adalah hal yang membosankan dan bisa bikin jenuh.

Cobalah mengusahakan dirimu sebagai zona tanpa ponsel. Misalnya, dengan menyimpan smartphonemu dalam saku ketika berjalan menuju stasiun atau kantor. Perhatikan lingkungan di sekitar. Nikmati suasana dan pemandangannya.

Berbagai hal itu menurut buku The Happiness Project karya Gretchen Rubin, adalah perilaku inspiratif. Kamu tak butuh istirahat lama. Lebih baik membiasakan diri untuk beristirahat sejenak.

BACA JUGA: Lima Langkah Simpel Biar Kamu Tidak Kecanduan Media Sosial

Bersosialisasi

Bertemu orang-orang baru bisa membuat seseorang yang punya habit introvert bisa stres, Namun jika kamu asyik di dunia sendiri, berlama-lama di dunia maya bisa-bisa kita tidak berkembang alias stagnan.

Nah agar rutinitas itu tidak membuat kamu jenuh coba deh melakukan kebaikan bagi orang lain. Sikap sederhana saja dapat memperbaiki suasana hati dan menghilangkan rasa bosan.

Melakukan hal baik bagi orang lain dapat meningkatkan perasaan positif secara signifikan. Dari situ juga kita bisa mendapatkan kepuasan hubungan sosial.

BACA JUGA: Begini Gaya Hidup dan Kebiasaan Orang yang Berbahagia

Menghindari Perubahan

Banyak orang yang suka keteraturan seringkali resisten terhadap perubahan. Padahal, pengalaman membuktikan, saat kita proaktif mencari inspirasi, kita bisa mendapatkan pengalaman dan nilai lebih.

Biasakan diri mengkonsumsi dan mencoba hal-hal yang menginspirasi bagi dirimu.

Kamu dapat melakukannya dengan membuat jurnal yang berisi ucapan syukur atau rasa terima kasih atau rencana untuk meraih sukse yang menginspirasi. Ada banyak pilihan untuk pengayaan ide ataupun meningkatkan produktivitas.

Yup, dunia ini penuh dengan begitu banyak keindahan yang bisa kamu manfaatkan untuk melepaskan diri sejenak dari penatnya rutinitas yang membosankan. (Sbg/Rig)

Comments