Liburan Hijau
Liburan hijau bisa kamu lakukan bersama keluarga saat akhir pekan. (Sumber Foto: visitindiana.com)

Sabigaju.com – Saat akhir pekan tiba baiknya kamu tak melulu mendatangi tempat wisata yang terkenal atau populer. Melakukan liburan hijau alias menyambangi tempat atau taman yang dipenuhi pepohonan hijau pun bisa jadi pengalaman yang menarik untuk dilakukan

Yup Lewat liburan hijau kamu bisa mengajak anak dan keluarga untuk melakukan aneka kegiatan seru yang sehat dan ramah lingkungan.

Nah sabigaju mau kasih rekomendasi beberapa ide liburan hijau yang bisa kamu lakukan dengan keluarga.

BACA JUGA: Biasakan Berjalan Kaki Demi Kesehatanmu di Masa Depan

Wisata Jalan Kaki

Liburan hijau esensinya adalah bersenang-senang namun tetap dalam koridor ramah lingkungan. Nah salah satu caranya adalah dengan berjalan kaki.

Tapi kamu tidak perlu benar-benar berjalan kaki untuk sampai ke lokasi wisata yang diinginkan. Cukup tinggalkan kendaraan Anda di rumah dan beralihlah dengan berjalan kaki.

Kita tentunya sadar betapa sulitnya mencari lahan bagi pejalan kaki di Ibukota. Jangan pesimis dulu, bergeraklah ke arah Sudirman Central Business District (SCBD) untuk berjalan di antara gedung-gedung pencakar langit.

Di kawasan ini trotoarnya lebar dan bersih, dipayungi semak-semak dan pohon-pohon rindang yang menyejukkan. Dengan begitu kamu telah membantu mengurangi polusi udara sekaligus berolahraga dengan menggerakkan kaki dan seluruh badan.

BACA JUGA: Ternyata Olahraga Bersepeda Bikin Bahagia dan Panjang Usia

Bersepeda

Kegiatan liburan hijau yang bisa kamu lakukan di akhir pekan bersama keluarga adalah dengan melakukan aktivitas bersepeda.

Masih ada kok tempat menarik di Jakarta yang asyik buat bersepeda sekaligus rekreasi. Kamu bisa mendatangi kawasan Ancol TMII, Ragunan, Senayan ataupun mendatangi kawasan car free day alias hari bebas kendaraan bermotor.

Banyak kan pilihan tempat yang bisa kamu pilih untuk liburan sekaligus berolahraga.

BACA JUGA: Spot Kece nan Instagramable Wisata Malam di Jakarta 

Rekreasi Hutan Kota

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan liburan hijau adalah melakukan rekreasi di hutan kota. Sekarang ini sudah ada beberapa hutan kota yang asri dan sejuk. Cocok sekali didatangi untuk ngadem dan seru-seruan bareng orang tersayang.

Di Jakarta sendiri terdapat beberapa titik hutan kota yang bisa kamu sambangi misalnya Hutan Kota di Kemayoran, Senayan ataupun di Kawasan Srengseng jakarta Barat hingga Hutan Mangrove di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Pepohonan di hutan kota tersebut cukup rindang dengan arena jogging hingga taman mengagumkan. Selain sebagai tempat liburan, wisata Jakarta ini akan menjadi fasilitas rekreasi untuk keluarga.

BACA JUGA: Liburan di Pantai Pilihan Tepat untuk Sehatkan Fisik dan Mental

Agrowisata

Kegiatan liburan hijau di akhir pekan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga adalah dengan mendatangi areka agrowisata.

Kamu bisa memilih kegiatan, seperti mengelilingi kebun teh ataupun merasakan sensasi menyantap buah-buahan yang dipetik langsung dari pohonnya,

Hal lain yang kamu bisa lakukan adalah atau memberi makan hewan ternak.

Tapi, pastikan kamu memilih agrowisata yang ramah anak, ya. Liburan di alam terbuka membuat Anda dan keluarga bebas menghirup udara segar dan jauh dari polusi. (Sbg/Rig)

Comments