Aktivitas bermain bersama anak punya segudang manfaat bukan hanya bagi tumbuh kembang anak namun bagi dirimu sebagai orang tua. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Saat akhir pekan tiba tentunya merupakan momen yang tepat untuk mempererat ikatan antara ayah dengan anak.Salah satunya adalah lewat aktivitas bermain bersama anak.

Sebagian dari kita mungkin menganggap bermain bersama anak atau bayi itu enggak penting? Coba hitung berapa jam dalam sehari kamu sebagai ayah melakukan aktivitas bermain bersama anak?

Apakah kamu bermain bersama mereka hanya di akhir pekan, atau kapan saja asal kamu sedang tidak lelah dan sedang mood?

Kamu harus tahu, aktivitas bermain bersama anak punya segudang manfaat bukan hanya bagi tumbuh kembang anak namun bagi dirimu sebagai orang tua. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Begini Peran Penting Ayah dalam Membesarkan Anak

Hal positif dari Aktivitas Bermain Bersama Anak

Menurut ilmuwan asal University of California, Davis Amerika Serikat, Linda Acredolo, banyak hal positif yang di dapat lewat aktivitas dari kegiatan bermain bersama anak.

Salah satunya adalah membantu anak untuk bereksperiman dan membantu perkembangan emosionalnya.

Gaya Foto Pria
(Foto: Unsplash)

Bermain bukan sekedar kegiatan yang membuat anak senang. Tapi ada proses belajar yang akan dilakukan anak. Anak belajar memecahkan masalah, membangun keterampilan dan melatih fisik dan mentalnya.

Tidak hanya itu, tetapi saat anak bermain dengan orang tua, maka ada kesempatan untuk belajar menumbuhkan empati pada lingkungan, tenggang rasa dan membentuk karakter diri yang positif.

BACA JUGA: Ketika Pria Harus Membesarkan Anak Secara Single Parent 

Bikin Pintar dan Sehat

Mengapa aktivitas bermain bersama anak begitu penting untuk perkembangan anak? Sebab lewat bermain memberi anak pengalaman sensorik, fisik, dan kognitif yang berbeda.

Pengalaman membangun koneksi di otak, yang membantu anak-anak berkembang secara fisik, kognitif, sosial dan emosional.

Setiap anak berhak mendapat kesempatan untuk memiliki perkembangan otak yang optimal dan mencapai potensi penuh mereka. Kita sebagai orang tua, memiliki kekuatan untuk mewujudkannya.

BACA JUGA: Tempat Menyenangkan untuk Berlibur Bersama si Kecil 

(Foto: Unsplash)

Hal lain yang membuat aktivitas bermain dengan anak perlu dilakukan karena dapat meningkatkan kegembiraan dan kesehatan mental anak-anak di masa mendatang. Bermain juga memberikan keuntungan kesehatan fisik, kekuatan, dan ketahanan tubuh.

Kita hidup setiap hari dan akan mati satu kali. Hari ini si Kecil baru mulai berceloteh, atau belajar berjalan tertatih-tatih dengan gaya lucunya. Akankah momen indah ini terulang di kemudian hari?

Jadi nikmatilah aktivitas bermain bersama anak Hal tersebut adalah anugerah luar biasa berharga yang dapat orangtua berikan kepada anaknya. Sbg/Rig)

Comments