Akhir pekan ini ajang MotoGP akan berlangsung pada Minggu (26/8) di sirkuit Silverstone, Inggris. (Foto Instagram)
Akhir pekan ini ajang MotoGP Inggris akan berlangsung pada Minggu (26/8) di sirkuit Silverstone, Inggris. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Ajang MotoGP Inggris akan berlangsung pada akhir pekan ini yang akan berlangsung pada hari Minggu (26/8) di Sirkuit Silverstone, Inggris

Para rider MotoGP akan memulai aktivitas di lintasan Silverstone pada hari Jumat (24/8) dalam sesi latihan pertama yang disusul dengan latihan kedua.

Untuk MotoGP Inggris akhir pekan ini tantangan bertambah selain cuaca yang susah di tebak adanya permukaan aspal baru di Sirkuit Silverstone juga menjadi tantangan bagi para pebalap MotoGP.

Cuaca dan Aspal Jadi Tantangan MotoGP Inggris

Balapan MotoGP Inggris diprediksi banyak pihak akan berlangsung ketat dan bakal menarik lantaran sejumlah tantangan.

Faktor cuaca senantiasa memberi tantangan tersendiri dalam MotoGP Inggris. Cuaca di Sirkuit Silverstone, yang sejak 2010 kembali menggelar balapan Grand Prix, dapat berubah sewaktu-waktu sehingga membuat jalannya balapan MotoGP jadi sukar ditebak.

Belum lagi hembusan angin selain bisa membuat permukaan jalur cukup sejuk, angin yang berhembus cukup kencang dapat menjadi masalah bagai para pebalab.

Silverstone adalah salah satu trek tercepat dalam kalender MotoGP. Dan memberi pebalap salah satu dari sedikit peluang untuk benar-benar menggeber motornya. Sirkuit ini memiliki 10 tikungan ke kanan dan 8 tikungan ke kiri.

Untuk MotoGP Inggris akhir pekan ini tantangan bertambah seiring dengan adanya permukaan aspal baru di sirkuit Silverstone. Dalam 22 tahun terakhir, baru musim dingin lalu sirkuit itu menjalani pengaspalan ulang menyeluruh.

Pengelola Sirkuit Silverstone di Inggris pada Februari 2018 lalu, baru saja melakukan resurfacing atau pelapisan ulang aspal dengan yang baru. Proyek itu dilakukan meski suhu dalam kondisi sangat dingin.

Cal Crutchlow dari tim LCR Honda, menjadi pebalap MotoGP pertama yang mencoba permukaan baru tersebut. Dirinya melakukan beberapa lap dengan menunggangi Honda RC213V-S, atau versi jalan dari prototipe RC213V miliknya.

Pria berkebangsaan Inggris itu mengatakan, aspal Silverstone yang baru bakal mengurangi waktu putaran sampai 1,5 detik. Balapan MotoGP sendiri akan berlangsung di sirkuit tersebut pada akhir Agustus 2018.

“Ini menjadi momen yang istimewa untuk berada di Silverstone, untuk melihat dan menjajal trek yang baru saja mengalami pelapisan ulang,” kata Crutchlow kepada crash.net belum lama ini.

Bakal Sulit Ditebak

Yang jelas gambaran mengenai MotoGP Inggris tidak mudah diprediksi adalah fakta bahwa balapan kelas primer empat musim terakhir sudah memunculkan empat rider dari pabrikan berbeda.

Musim lalu Andrea Dovizioso dari Ducati tampil pemenang. Sebelum itu ada Maverick Vinales di atas motor Suzuki (2016), Valentino Rossi dari Yamaha (2015), dan Marc Marquez yang membela Honda (2014).

Pada tahun 2014 itu juga Marquez tercatat sebagai rider terakhir yang bisa memenangi MotoGP Inggris setelah sebelumnya meraih pole. Tapi sejak kemenangan empat tahun lalu, Marquez bahkan belum bisa naik podium lagi di Silverstone.

View this post on Instagram

🔜 #BritishGP

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

Marquez sepertinya akan menjadi sosok utama yang mendapat perhatian diajang Moto GP Inggris. Ini tak lepas dari posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara setelah meraih 201 poin dari 11 seri balapan MotoGP 2018. Ia unggul 59 poin dari rival terdekat.

Sementara Rossi, rival terdekat Marquez, juga patut ditunggu aksinya. Hal itu tidak lepas dari besarnya sorotan terhadap kinerja M1 Yamaha pada balapan sebelumnya di MotoGP Austria.

Aksi Jorge Lorenzo dari tim Ducati yang tampak sedang on fire, sebelum pindah ke Honda musim depan, juga bakal membuat penggemar MotoGP kian menantikan akhir pekan. Ditambah lagi sosok-sosok macam Dovi, Vinales, Cal Crutchlow, dan lainnya yang siap pamer aksi.

Kita tunggu saja siapa yang bakal berjaya di Sirkuti Silverstone pada akhir pekan ini. (Sbg/Rig)

Comments