Sabigaju.com – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara hari ini Rabu (31/1) akan menggelar sidang perdana kasus perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Veronica.

Sidang perdana perceraian Ahok terhadap istrinya tersebut digelar di gedung pengadilan yang berada di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, dengan agenda persidangan adalah menghadirkan kedua belah pihak dan menawarkan perdamaian.

Ahok melalui pengacaranya mengajukan gugatan cerai terhadap Veronica Tan pada Jumat (5/1) lalu di PN Jakarta Utara. Sidang perdananya akan digelar pada Rabu, 31 Januari 2018.

PN Jakarta Utara  telah menunjuk tiga hakim untuk memimpin sidang cerai Ahok. Ketua majelis hakim akan diemban oleh Wakil Ketua PN Jakarta Utara Sutaji, sedangkan Ronald Salnofri Bya sebagai hakim anggota satu dan Taufan Mandala sebagai hakim anggota dua.

Ahok dan Veronica Tan menikah pada 6 September 1997. Keduanya dikaruniai tiga anak, yaitu Nicholas Sean Purnama, Nathania Purnama, dan Daud Albeener Purnama.

Ahok hingga saat ini masih ditahan di Rutan Mako Brimob. Dia masih menjalani masa hukuman 2 tahun penjara setelah dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Ahok dan Veronica Tak Hadir di Sidang Perdana

Namun rupanya hingga jelang sidang di gelar Ahok dan Veronica tidak menunjukan tanda-tanda kehadiran. Ahok diwakili adiknya yang juga kuasa hukumnya, Fifi Lety Indra.

Fifi tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, dengan mengenakan kemeja putih dipadu blazer.

“Nanti mungkin kita baru akan memberikan keterangan lebih panjang setelah sidang,” kata Fifi saat tiba.

Dia kemudian naik ke lantai 3 melaporkan kedatangannya. Fifi mengatakan Ahok dan juga Veronica tidak akan hadir di sidang cerai perdana ini.

“Lapor aja kita sudah hadir. Pak Ahok dan Bu Vero tidak akan hadir karena sebetulnya tidak perlu hadir juga, bisa diwakilkan,” ujarnya.

Sidang Ditunda

Sidang dengan agenda mediasi dimulai sekitar pukul 10.10 WIB. Sidang digelar tertutup. Hakim sempat memanggil pihak kuasa hukum Vero 3 kali, namun tidak ada yang muncul. Karena itu, sidang kemudian ditunda.

Sidang Perceraian Ahok dengan Veronica menurut rencana akan digelar kembali pada Rabu, 7 Februari 2018 mendatang.

Melalui kuasa hukumnya, Ahok mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 5 Januari 2018. Selain menggugat cerai, Ahok meminta hak asuh atas anak-anaknya. (Sbg/Rig)

Comments