Dilanda Hectic
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Ketika kamu merasa waktu berjalan sangat cepat, maka saat itulah kamu sedang dilanda hectic alias kesibukan.

Setiap orang punya definisi sendiri tentang “sibuk”. Ada yang bilang ini soal deadline dan produktivitas, ada pula yang menganggapnya kesibukan adalah urusan rumah dan keluarga.

Walau sedang dilanda hectic, kamu harus tetap fokus agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Tapi bagaimana caranya ya, agar kamu tetap fokus meski dilanda hectic? Nih, di baca baik-baik biar kamu bisa mengatasinya.

Tidur yang cukup

Tidur adalah kuncinya. Kamu harus tetap tidur karena kamu membutuhkannya. Untuk orang dewasa, tidur selama tujuh jam sehari dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kualitas tidur yang baik juga perlu diperhatikan. Ketika tidurmu berkualitas, maka kamu akan tetap produktif di hari berikutnya.

Kualitas tidur yang baik juga berpengaruh pada daya ingat dan kreativitas kamu, Sob.

BACA JUGA: Bersyukur Saat Bekerja Bikin Kamu Bahagia

Plan Your Good Food

Jangan pernah tergesa-gesa menyiapkan bekal untuk ke kantor. Ini tentu membuatmu kelelahan dan stres juga.

Untuk menghemat waktu dan energi, ada baiknya kamu memikirkan menu bekalmu setiap satu hari sebelumnya atau selama seminggu ke depan.

Jangan lupakan pula nutrisinya. Dari mulai protein, sayuran, serat, biji-bijian dan tentu tanpa bahan pengawet atau buatan yang berlebih.

BACA JUGA: Jadilah Orang Produktif Jangan Jadi Orang Sibuk 

Buat List Pekerjaan

Agar kamu tetap sibuk meski dilanda hectic, buatlah list pekerjaan yang bisa kamu tulis di sebuah stick notes.

Dengan begitu, kamu tau apa saja yang nantinya hendak dilakukan dan tidak akan melewatinya.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa dengan menulis goals jangka pendek atau panjang, kamu akan merasa lebih bersemangat untuk menindaklanjutinya.

Daftar ini juga sangat membantu untuk mengientifikasi masalah dan prioritas pekerjaan.

Jangan menunda

Ini adalah penyakit yang harus kamu hindari. Walau itu adalah pekerjaan kecil, kamu tetap harus mengerjakannya tanpa boleh berpikir bahwa pekerjaan tersebut sangat sepele. Pekerjaan kecil yang ditunda akan menumpuk dan menjadi pekerjaan besar nantinya.

BACA JUGA: Begini Tanda-tanda Seorang Pria yang Terlalu Banyak Berpikir

Matikan Ponsel

Hingga sekarang, ponsel adalah distraksi yang paling mematikan. Hampir tak ada yang lebih mengganggu daripada alat kecil ini.

Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa siswa yang sering mengirim teks di kelas progress-nya lebih buruk dalam ujiannya. Orang yang bekerja sembari bermain ponsel pun tingkat produktivitasnya lebih rendah dari yang tidak.

Cukup mudah juga kan, cara agar kamu tetap on the track dan menyelesaikan tugas dengan baik.  Tapi jangan lupa untuk tetap beristirahat atau sekedar me time di saat senggang ya. Biar enggak stres-stres banget, lah!

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu agar tetap fokus meski tengah dilanda hectic saat menyelesaikan pekerjaanmu. (Sbg/Dinda)

Comments