Gairah
Gairah seks atau libido memiliki peranan yang penting dalam hubungan suami istri. Pada dasarnya libido dapat dijaga dengan memiliki pikiran yang sehat.(Foto: Dolgachov)

Sabigaju.com – Kebanyakan orang cenderung menginterpetasikan gairah dan obsesi sebagai dua hal berbeda. Gairah adalah hasrat berapi-api dalam diri seseorang, sementara obsesi lebih merupakan fiksasi tidak sehat yang punya konsekuensi merusak.

Gairah seks atau libido memiliki peranan yang penting dalam hubungan suami istri. Pada dasarnya libido dapat dijaga dengan memiliki pikiran yang sehat.

Lewat penelitian, yang dilakukan oleh  Frederick Philippe, Robert Vallerand dan timnya berusaha meneliti keterkaitan gairah, obsesi, dan bagaimana fenomena keduanya memengaruhi pengalaman seksual serta aspek kehidupan manusia lainnya.

BACA JUGA: Waspada! Begini Tanda-tanda Kamu Kecanduan Seks 

Philippe dan Valleran menemukan bahwa semakin seksualitas seseorang tidak terintegrasi dengan aspek lain dalam kehidupan mereka, semakin sempit juga perspektif mereka tentang seks. Mereka jadi merasa  dikendalikan oleh seks alih-alih mengendalikannya.

Riset yang dilaporkan oleh Scientific American menyimpulkan bahwa gairah adalah faktor penting dalam kepuasan hubungan intim. Bagaimanapun, seseorang sebaiknya tidak menggunakan pendekatan obsesif, melainkan harmonis.

Pelajaran yang bisa diambil dari riset ini, agar bisa lebih menikmati hubungan intim, berhentilah terobsesi dengannya.

So ingatlah bahwa aktivitas sejoli dewasa ini bukan semata urusan memuaskan gairah tapi juga bagaimana dua manusia berusaha untuk saling terhubung saat melakukannya.

Namun demikian  jika kamu tengah mengalami penurunan gairah seks, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan gairah seks dengan pasangan tetap menyala.

BACA JUGA: Masalah Psikologis yang  Membuat Pria Kehilangan Gairah Bercinta 

Mengonsumsi  Nutrisi yang Tepat

Fungsi saraf, tingkat hormon yang baik dan peredaran darah yang lancar ke arah pelvis merupakan hal penting untuk menjaga kelancaran aktivitas seksual. Pola makan seimbang haruslah diterapkan.

Pastikanlah tubuhmu mendapat asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Khususnya vitamin C untuk memperkuat dinding pembuluh darah serta produk susu rendah lemak untuk menjaga membran mukosa yang melapisi sistem reproduksi perempuan.

BACA JUGA: Gaes, Rutin Menyantap Ikan Bikin Gairah Bercintamu Makin Prima 

Rutin berolahraga dan Pola Makan Sehat

Dengan melakukan olahraga secara rutin. akan menstimulasi produksi endorfin yakni hormon yang mempengaruhi suasana hati seseorang.

Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi dan anemia kemungkinan menjadi penyebab rasa letih.

Pola makan yang memasukan daging, ikan dan kacang-kacangan dapat membantu mengganti zat besi yang hilang.

BACA JUGA: Berniat Ingin Berhenti Merokok? Coba Cara Ini! 

Berhenti  Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Alkohol jelas memiliki efek buruk pada tubuh. Minuman keras ini dapat menyebabkan seseorang bertindak secara tidak sadar.

Alkohol pun juga menurunkan tingkat hormon estrogen pada perempuan serta impoten dan penyusutan testis laki-laki.

Di sisi lain, nikotin dalam rokok mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Nikotin tidak hanya dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat tetapi juga menyempitkan pembuluh darah.

BACA JUGA: Berjuta Khasiat Bawang Putih, Usir Lemak, Berat Badan Hingga Drakula

Kurangi Lemak Jenuh

Sebagian orang telah mengetahui kaitan antara konsumsi lemak jenuh dengan peningkatan kolesterol dan penyempitan pembuluh darah di sekitar jantung.

Namun, jarang yang mengetahui bahwa hal serupa juga dapat terjadi pada pembuluh darah yang ada di sekitar penis.

Padahal, tanpa perputaran darah yang bebas, penis tidak akan mampu merespons sinyal dari libido seseorang. (Sbg/Rig)

Comments