Bisnis Makanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang menarik untuk ditekuni. Peluang bisnis yang satu ini memang terbilang luas dan masih akan selalu berkembang ke depannya, tak terkecuali di masa-masa menjelang penerapan new normal saat ini.

Kamu tak perlu overthingking saat menjalankan bisnis di era new normal. Jadilah kreatif, miliki rencana bisnis dan keberanian untuk mulai menjalankan bisnis Anda dengan penuh keyakinan.

Sebab setiap orang membutuhkan makanan dan akan selalu mencarinya, itulah mengapa bisnis kuliner tidak pernah sepi pembeli.

Nah Jika kamu tengah menggeluti bisnis makanan di era new normal coba perhatikan beberapa tips berikut ini:

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Berinovasi

Gaes, dunia kuliner terus berkembang, begitu juga dengan selera masyarakat akan kuliner itu sendiri. Kamu jangan asal berbisnis

Tanpa melakukan inovasi dan mengembangkan kreatifitas akan membuat pelanggan tidak merasa bosan dan bakal punya peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Kemampuan berinovasi dalam bisnis kuliner abakal membantumu tetap bertahan dan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Coba lihat bagaimana cupcake company menelurkan inovasi bagi pelanggan mereka untuk menghias kue dirumah ataupun terobosan kopi literan yang dilakukan para pengusaha kopi ditengah pandemi.

BACA JUGA: Mengapa Kita Terpikat Kuliner Tak Sehat Saat Stay at Home?

Punya Ciri Khas

Bisnis kukiner pastinya memiliki banyak pesaing. Hal itu hal yang wajar. Kamu nggak perlu khawatir, masih banyak jenis kuliner yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai yang unik hingga yang belum pernah ada dipasaran.

Temukan ciri khas bisnis kuliner yang kamu geluti. Misalnya, kamu berjualan jajanan sehat maka buatlah variasi jenis makanan dan minuman dengan cita rasa khas, enak dan menyehatkan. Dengan adanya unsur nilai sehat, tentu hal ini menjadi unik.

Menurut Jurnal yang diterbitkan laman Deloitte, konsumen kini jauh lebih memperhatikan kesehatan terutama dalam memilih makanan. Sehingga tren makanan sehat dan tren masak di rumah dipilih banyak orang.

Jangan berhenti melakukan berbagai peningkatan dari segala sisi, seperti kualitas rasa, pengemasan hingga marketing agar kamu bisa unggul dalam persaingan bisnis kuliner.

BACA JUGA: Kenyang Bego Bukan Candaan Tapi Ilmiah

Jaga Kualitas Rasa dan Harga

Dalam bisnis kuliner, kualitas rasa dan harga serta kreativitas menjadi penentu keuntungan yang akan diperoleh.

Sebagai gambaran, beberapa jenis kuliner hanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau di pasaran, namun bisa dijual dengan harga yang terbilang mahal.

Ingat ya, banyak orang akan tetap membeli makanan / minuman dari toko Anda meskipun harganya tidak murah.

Alasannya beragam seperti rasanya enak, kemasan unik hingga promosi yang menarik. Jadi, temukan kuliner yang paling tepat dan unik di era new normal ini agar bisa dapat keuntungan. (Sbg/Rig)

Comments