Adidas berkomitmen untuk melindungi serta menjaga kelestarian lautan dari sampah plastik dengan mulai menggunakan seluruh materialnya dari sampah plastik yang berserakan di lautan pada tahun 2024. (Foto: adidas.com)

Sabigaju.com – Sampah-sampah plastik di lautan kian membahayakan ekosistem, kabarnya malah sebesar 80% sampah yang ada di muka bumi malah berasal dari sampah plastik di lautan. Bayangkan bagaimana banyaknya!

Akibat sampah plastik tersebut, tak hanya satu dua biota laut yang meregang nyawa karenanya; karena kelalaian manusia. Usaha menjaga laut dari sampah plastik semakin digencarkan. Untuk ini, Adidas tak mau ketinggalan peran.

BACA JUGA: Serius Jaga Laut, Adidas Sumbang Rp13,8 Miliar per Kilometer

Sejak 2017 Adidas telah meluncurkan sepatu berbahan dasar sampah plastik lautan yang didaur ulang. Di tahun 2015 Adidas mulai menjalin kerja sama dengan Parley Of The Ocean, komunitas pencinta lingkungan, Adidas menjalankan komitmennya untuk berkontribusi dalam pelestarian alam.

Parley of the Ocean bertugas untuk mengumpulkan sampah plastik dari lautan, dan Adidas mengolahnya jadi sneakers yang stylish dan nyaman dipakai.

Salah satu sepatu berbahan dasar sampah plastik lautan yang diproduksi Adidas adalah Ultraboost X. Sepasang sepatu ini terbuat dari 11 botol plastik. Sejauh ini, dua produk Adidas lain yang menggunakan bahan dasar plastik lautan daur ulang yakni sepatu kolaborasi dengan Stella McCartney dan perlengkapan yoga.

Ke depannya, Adidas berambisi di tahun 2024 sudah dapat sepenuhnya menggunakan bahan dasar sampah plastik dalam produksinya. Wow! Luar biasa, ya!

BACA JUGA: Warna Ikonik dan Klasik, Adidas Kembali Hadirkan Adicolor Musim Spring/Summer 2018

Well, Adidas bukan satu-satunya brand kenamaan yang mulai menggunakan bahan dasar plastik untuk produknya. H&M juga telah meluncurkan koleksi concious yang menggunakan plastik daur ulang dan sutra organis sebagai bahan utamanya. Beberapa fashion house—salah satunya Versace—telah berkomitmen untuk meninggalkan penggunaan bulu-bulu hewan pada koleksinya.

Semoga komitmen untuk lebih peduli lingkungan ini semakin menyebar ke semua lini ya, sehingga kita bisa bersama-sama menjaga kelestarian bumi ya, Sobat Sabi! (Sbg/Fit)

Comments