Anggota Keluarga
Kamu harus tegas terhadap sosok toxic yang menjadi anggota keluarga kamu. Memutuskan hubungan adalah langkah yang tepat (Foto: Huffingtonpost.com)

Sabigaju.com – Idealnya hubungan dengan setiap anggota keluarga haruslah harmonis. Yup, keluarga harmonis adalah harapan setiap pasangan itu sebabnya begitu banyak nasihat yang menyarankan agar hubungan dengan keluarga sampai terpecah belah.

Sayangnya, dalam perjalanan hidup, ada masanya ketika ada anggota keluarga yang justru menjadi racun dan membuat ikatan hubungan keluarga menjadi rusak Pernahkah kamu mengalami kondisi ataupun situasi dimana hubungan keluarga sudah tidak sehat lagi?

Jika hal ini terjadi, keputusan untuk menjaga jarak dan menjauhkan diri sosok anggota keluarga yang beracun adalah langkah terbaik

Ada banyak alasan mengapa tindakan ini seharusnya dilakukan. Berikut uraiannya agar kamu membuang tenaga dan perhatian hanya untuk mereka.

BACA JUGA: Lima Cara Menghadapi Pertanyaan Menyebalkan Saat Kumpul Keluarga

Cuma Ada Maunya

Salah satu ciri kamu memiliki hubungan yang sehat dengan anggota keluarga adalah saat mereka dengan cepat menghampirimu ketika sedang membutuhkan bantuan dan dukungan mereka.

Tetapi jika anggota keluargamu hanya lantaran mereka membutuhkan sesuatu darimu sebagai gantinya, maka ada baiknya pertimbangkan dengan masakm jika kamu ingin mereka menjadi bagian dari hidupmu. Ingat, mereka sudah memperlihatkan sebuah cinta bersyarat.

BACA JUGA: Nggak Tahan Hadapi Istri Bawel? Coba Jurus Ini 

Suka Menghakimi

Dunia ini penuh dengan orang-orang yang suka banget menghakimi, dan itu normal untuk menghadapi suatu bentuk penghakiman dalam hidup. Tapi, tidak dari keluarga kamu sendiri.

Jika itu kritik yang membangun, okelah hal itu bisa diterima. Tetapi jika ada anggota keluarga yang menilai bahkan menghakimi sampai melukai harga diri dan perasaanmu, maka yang terbaik adalah menjauhinya.

Anggota keluarga seharusnya ada untukmu bukannya menjatuhkan kamu.

BACA JUGA: Bergosip di Kantor, Pantang Ikutan Men! Begini Cara Menangkalnya 

Ngegosipin Kamu

Jika ada anggota keluarga yang memperlakukanmu dan hidup kamu seperti sebuah seri drama untuk dibagikan kepada siapa saja dan semua orang yang mereka kenal, maka yang terbaik adalah tidak memberi tahu mereka apapun lagi. Lebih baik lagi, kamu harus menjauh dari mereka sepenuhnya.

Ketika kamu berbagi dengan keluarga tentang sebuah masalah rumit yang tengah dihadapi dan kamu membutuhkan kenyamanan, yang paling bisa mereka lakukan adalah menghargai kerentanan dan memberikan ruang privasi kepadamu.

Namun ketika ada anggota keluarga yang malah ngember dan bergosip tentang masalahmu kepada orang lain, pastikan tidak boleh menoleransi hal itu dari mereka.

BACA JUGA: Empat Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan Agar Hidup Lebih Bahagia

Manipulatif

Jika suatu hari, ada anggota keluarga yang menghina kamu sementara hari lainnya mereka memperlakukanmu dengan baik, maka itu adalah bendera merah, sinyal untuk berhenti berhubungan dengan mereka.

Sebab harusnya hubungan yang sehat dengan keluarga adalah: sehat. Bukannya suatu hari baik tapi hari lain malah jahat Jika demikian, kemungkinan besar mereka memanipulasimu. Hal ini terjadi karena mereka tidak kehilangan kendali atas dirimu.

BACA JUGA: Detoks Maskulinitas Upaya penting Menjadikan Sejatinya Seorang Lelaki

Mereka Berpura-pura Baik

Mereka berpura-pura baik sebagai taktik manipulatif lain untuk membuat kamu sebagai korban merasa tidak berdaya.

Jika kamu menyaksikan ada anggota keluargamu melakukan sesuatu yang salah, tetapi ketika mereka berkonfrontasi, mereka menyangkalnya dalam upaya untuk mendiskreditkanmu, maka kamu sudah terkena perangkap taktik jahat ini.

Ketika ini terjadi, maka mungkin sudah saatnya kamu memutuskan hubungan dengan mereka.

Keluarga adalah segalanya dan kita tak bisa menolaknya. Tetapi jika mereka beracun bagi kehidupanmu, maka mungkin yang terbaik adalah pergi dan menjauh dari mereka.(Sbg/Rig)

Comments