Susu Kacang Polong
Kini banyak orang yang mulai mengonsumsi susu kacang polong yang memiliki kadar protein dan  kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.  (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Beberapa waktu belakangan ini cukup banyak penggiat kesehatan serta penganut gaya hidup vegan yang membincangkan tentang susu kacang polong sebagai alternatif minuman sehat di media sosial maupun forum forum kesehatan di dunia maya.

Yup, minuman susu kacang polong susu ini diprediksi banyak orang bakal jadi tren di masa depan.

Lantas seberapa sehat mengkonsumsi susu kacang polong ini?

BACA JUGA:

 

Rasanya Seperti Susu Pada Umumnya

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kacang ini memiliki jumlah protein yang sama. Hanya saja, susu kacang mengandung gula yang lebih sedikit yakni setengah kali susu sapi dan sepertiga dari lemak jenuh susu sapi.

Timbul pertanyaan apakah susu tersebut rasanya mirip kacang polong? Tidak. kamu tidak akan menemukan rasa kacang polong dalam minuman ini. Kurang lebih rasanya mirip seperti susu almond.

Nah, salah satu alasan mengapa kamu harus mencoba susu kacang polong ini adalah nutrisinya. Dalam segelas susu saja, terdapat kalsium delapan kali lipat dari susu almond. Kacang polong juga adalah salah satu sumber protein nabati terbaik.

Susu Kacang Polong
(Foto: Pexels)

Susu kacang polong juga mengandung banyak nutrisi seperti kalium, zat besi, kalsium, karbohidrat, lemak, vitamin A, dan vitamin D. Produk ini juga aman dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan kaya protein secara teratur seperti susu kacang dapat membantu mengatur nafsu makan dan membuat kamu kenyang di antara waktu makan, ini mungkin bisa membantu penurunan berat badan.

Kacang polong juga kaya akan branched-chain amino acids (BCAAs), sekelompok asam amino khusus yang dapat meningkatkan pertumbuhan otot dan mengatur gula darah.

Cara Membuat Susu Kacang Polong

Nah, daripada kamu membelinya di toko swalayan atau supermarket, kamu pun bisa membuat susu kacang polong sendiri dengan mencampurkan satu setengah cangkir kacang polong mentah dengan empat gelas air kemudian didihkan.

Rebus kacang polong sampai lunak selama satu hingga satu setengah jam. Setelah matang sepenuhnya, hancurkan kacang dengan blender dengan tambahan tiga setengah gelas air, dua sendok teh esktrak vanila kamu juga bisa menambahkan beberapa buah kurma sebagai pemanis.

Susu Kacang Polong
(Foto: Pexels)

Kemudian, saring menggunakan kantung susu untuk tekstur yang lebih halus. Jika ingin mengurangi jumlah gula dalam susu kacang polong, kamu bisa mengurangi jumlah kurma. Saring susu supaya teksturnya jadi lebih halus. Dan susu kacang polong siap disajikan.

Nah, kamu bisa menikmati susu ini dengan oatmeal, sereal, smoothies, kue, dan sebagai dressing salad. Pastinya nikmat deh. (Sbg/Rig)

Comments