Anti Korupsi
Hari ini, Minggu (9/12) Netizen secara berbondong bondong merayakan Hari Anti Anti Korupsi Sedunia di Jagat Twitter Indonesia dengan mengusung tagar#HariAntiKorupsi ke puncak trending topic.

Sabigaju.com – Hari ini Minggu (9/12) , diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Peringatan ini merujuk pada momen penandatanganan Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa Antikorupsi, yang berlangsung pada 9 December 2003, di Yucatan, Meksiko.

Seluruh dunia setuju bahwa Korupsi merupakan tindakan kejahatan yang sangat luar biasa. Korupsi merupakan fenomena sosial, politik, ekonomi kompleks yang mempengaruhi semua negara. Korupsi memperlambat pembangunan ekonomi dan membuat pemerintahan tidak stabil.

Sayangnya, sangat sulit untuk mengestimasi besar dan luasnya korupsi secara global karena baik penyuap maupun penerima suap memiliki kepentingan pribadi untuk memastikan bahwa kegiatan ini tetap rahasia dan diam-diam.

BACA JUGA:

Hari Anti Korupsi jadi Trending Topic di Twitter Indonesia

Anti Korupsi
(Foto: Twitter)

Di linimasa jagat Twitter Indonesia, keriuhan menyambut Hari Anti Korupsi Sedunia begitu terasa.

Hal itu terlihat dengan dengan masuknya tagar #HariAntiKorupsi di puncak trending topic Twitter Indonesia.

Kicauan tagar tersebut Umumnya memuat ungkapan serta ajakan dari netizen semangat memerangi korupsi.

Mitos Tentang Korupsi

Kamus Oxford mendefinisikan korupsi sebagai “perbuatan tidak jujur atau bersifat menipu oleh mereka yang memiliki kuasa, biasanya melibatkan penyuapan.”

Korupsi berasal dari sebuat kata dalam Bahasa Latin: corruptus. Kata untuk bentuk lampaunya corrumpere, yang berarti “merusak, suap, menghancurkan.”

Korupsi telah ada sejak dinasti Mesir. Dinasti pertama Mesir (3.100-2.700 SM), adalah pemerintahan paling awal yang tersedia dokumennya yang mencatat korupsi dalam peradilannya.

Praktik korupsi juga telah ada sejak zaman China Kuno. Mitologi China percaya bahwa setiap rumah tangga dapat melumuri mulut Dewa Dapur dengan kue dari gula dan madu sebagai usaha untuk menutup mulutnya dan menyuapnya untuk memberikan laporan yang baik pada Kaisar Giok, Sang Penguasa Surga.

Sejarawan Yunani Herodotus mencatat Keluarga Alcmaeonid yang kaya raya menyuap pendeta perempuan Oracle Delphi, dengan menawarkan untuk membangun kembali Kuil Apollo yang hancur akibat gempa bumi

Sebagai imbalan, Pythia meyakinkan negara bangsa Sparta untuk membantu keluarga tersebut menaklukkan dan menguasai Athena. Karena hal tersebut berhasil, Aristoteles bahkan mencatat bahwa para Dewa pun bisa disuap!

Korupsi adalah kejahatan bukan budaya tak seharusnya dilestarikan atau dipelihara. Jangan biarkan dirimu menjadi bagian dari kejahatan . Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2018. (Sbg/Rig)

Comments