Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana serta Gibran dan Kahiyang Ayu menyampaikan keterangan pers mengenai rencana pernikahan Kahiyang (Foto :ANTARA News/Desca Lidya Natalia)

Sabigaju.com – Kabar bahagia datang dari keluarga Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di negeri ini, dalam waktu dekat akan menggelar acara pernikahan untuk putrinya, Kahiyang Ayu.

Hingga saat ini, persiapan rencana pernikahan Kahiyang Ayu dengan kekasihnya, Bobby Nasution juga sudah memasuki tahap 80 persen.

Rencananya pesta pernikahan tersebut akan berlangsung pada 8 November 2017 di Gedung Graha Sabha Buana, Surakarta, Jawa Tengah.

Lantas mengapa hari Rabu, tanggal 8 November 2017 dipilih untuk pernikahan putri satu-satunya Jokowi tersebut? Mengapa tidak digelar pada saat akhir pekan seperti kebanyakan orang yang biasa menggelar acara resepsi pernikahan?

Kahiyang Ayu dengan calon suami Bobby Nasution. (Foto: Instagram ayanggkahiyang)

Usut punya usut, ternyata alasan pemilihan tanggal 8 November itu karena telah melalui hitung-hitungan menurut adat Jawa, untuk mendapatkan tanggal yang baik saat akan melangsungkan pernikahan.

“Ini memang ada hitung-hitungannya, tanggal baiknya,” kata Gibran selaku Juru Bicara Keluarga Jokowi pada saat konferensi pers bertempat di kediaman keluarga Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (17/9).

Resepsi Kahiyang Ayu, Adat Jawa atau Adat Tapanuli Selatan?

Pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution rencananya
akan digelar pada tanggal 8 November 2017 di Gedung Graha Sabha Buana, Surakarta, Jawa Tengah. (Foto: Instagram ayanggkahiyang)

Untuk konsep pernikahan Kahiyang dan Bobby, Gibran menjelaskan bahwa konsep pernikahan adiknya nanti akan berlangsung simpel dan menggunakan adat Jawa seperti pernikahan dirinya yang berlangsung pada tahun 2015 silam.

Sementara dalam sebuah video di laman Youtube berjudul “Aku, Mas Bobby dan Mba Ayang,” Kahiyang menjelaskan bahwa dalam pernikahannya nanti akan menggunakan adat Jawa serta Tapanuli Selatan.

“Bobby ini orang Tapanuli Selatan. Jadi, kita pakai adat Jawa dan adat Tapanuli Selatan,” ujar putri Presiden Joko Widodo tersebut.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Foto: Instagram ayanggkahiyang)

Rencana pernikahan Kahiyang dengan Bobby diketahui publik setelah beredarnya video di media sosial yang menunjukan keduanya tengah melakukan sesi foto Preweding di sebuah taman.

Kala itu Kahiyang dan Bobby tampil serasi mengenakan busana berwarna hitam yang dipadukan dengan kain batik tradisional. Sedangakan calon suaminya mengenakan pakaian berwarna hitam celana panjang berwarna cokelat. (Sbg/Elv)

Comments