Manajemen Waktu
Banyak orang yang menghabiskan waktu dengan tidak terorganisir sehingga menghambat mereka untuk mengeksplorasi seluruh potensi yang dimiliki. Itulah sebabnya manajemen waktu sangat penting. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Waktu adalah merupakan esensi terpenting dalam kehidupan. Dikatakan penting lantaran, segala yang sudah terlewat tidak dapat diatur kembali. Untuk itulah kita perlu untuk menerapkan manajemen waktu.

Namun, dengan mengatur waktu maka masa depan yang baik bisa kita raih dengan cara kita yang terbaik. Dengan manajemen waktu yang baik memungkinkan kamu untuk menciptakan keseimbangan yang sehat dalam alur kerja dan kehidupan rumah anda.

Nah berikut ada 8 hal alasan mengapa anda harus mulai mengelola waktu dengan lebih baik seperti dihimpun Sabigaju dari laman Everwise berikut ini.

BACA JUGA:

1. Rapi

Sebelum mengerjakan berbagai pekerjaan, hendaknya rapikan dulu berbagai hal. Rapikan meja kerjamu, daftar tugasmu, hingga inbok di email.

Hal ini penting agar saat kamu memulai pekerjaan tidak terganggu .

2. Tulislah Jadwal dan Rencana

Rencanakan pekerjaanmu seharian dan tuliskan dalam sebuah catatan harian. Jangan lupa untuk selalu mengecek pencapaian pekerjaan yang telah kamu lewati.

Dengan adanya perencanaan, kamu tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus kamu lakukan setelah menyelesaikan satu tugas.

Dengan ini kamu bakal lebih fokus  dalam bekerja.

3. Skala Prioritas

Urutkan pekerjaanmu di dalam sebuah prioritas dan luruskan mereka sesuai dengan tuntutan kerja, dan tujuanmu.

Prioritaskan hal-hal terpenting terlebih dahulu, agar anda dapat lebih fokus dalam mengerjakan seluruh pekerjaan.

Dengan menetapkan skala prioritas akan menghindari kamu dari hal-hal yang seharusnya kamu tidak lakukan.

4. Efektif

Ini semua bukan sebuah balapan. Jangan mencoba untuk menjadi yang paling efisien, cobalah untuk menjadi yang paling efektif.

5. Fokus

Fokuslah pada beberapa yang utama dibanding mengutamakan banyak hal.
Hindari godaan untuk melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu sehingga pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.

6. Selesaikan Pekerjaan

Bangun “naluri menyelesaikan” ketika kamu mendapatkan pekerjaan, selesaikan semuanya sampai tidak ada lagi yang tersisa.

7. Berhenti Menunda

Kebanyakan orang cenderung menyelesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu lalu yang sulit kemudian. Jangan terjerumus dalam jebakan ini.

8. Manajemen Waktu Membuat Hidup Kita Terorganisir

Banyak orang yang menghabiskan waktu hidupnya dengan tidak terorganisir sehingga menghambat mereka untuk mengeksplorasi seluruh potensi yang dimiliki.

Nah, dengan manajemen waktu membantu proses pengorganisasian dan perencanaan untuk membagi waktu kamu di antara aktivitas tertentu. Dengan begitu hidup kita lebih terorganisir, efisien dan bahagia. (Sbg/Rig)

Comments