Zat Mineral
untuk memperoleh zat mineral yang diperlukan tubuh, kamu bisa mendapatkannya dengan cara alami yakni dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat tersebut. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Salah satu unsur yang sangat dibutuhkan dalam  setiap tubuh manusia adalah zat mineral.

Zat mineral dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Oleh karena itu, zat mineral sama pentingnya dengan vitamin.

Mineral memiliki komposisi unsur murni serta garam sederhana yang sangat kompleks dengan beberapa jenis bentuk.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih info buat kamu semua tentang berbagai jenis mineral yang dibutuhkan tubuh.

BACA JUGA:

1. Kalsium

Zat mineral ini bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi, bertanggung jawab pada kontraksi otot, impul saraf, kerja jantung, dan pembekuan darah yang benar.

Ikan Salmon, Brokoli, bayam tahu, kacang almond hingga susu kedelai.

2. Magnesium

Magnesium berfungsi untuk mendukung struktur tulang, hati, menjaga keseimbangan alkalin tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung  magnesium antara lain alpukat, beras merah, pisang, buah ara, bayam hingga dark chocolate.

3. Sodium

Sodium menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan impul saraf. Kekurangan sodium sendiri bisa menjadi pemicu gangguan pada jantung dan otot,.

Makanan yang mengandung sodium yang patut kita konsumsi antara lain keju olahan, buah zaitun, seledri hingga makanan beku.

4. Potasium

Potasium berfungsi untuk memaksimalkan membran sel dan merupakan zat penting untuk ritme jantung.

Makanan yang mengandung potassium adalah ubi jalar, alpukat, yogurt dan bayam, Kacang panjang, susu dan jus jeruk.

5. Zat Mineral Zinc

Zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini memiliki beragam manfaat, seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mendapatkan zinc yakni kuning telur, Biji wijen, tiram, hati sapi, bawang putih, daging merah serta jamur.

6. Besi

Zat Zat besi sangat dibutuhkan untuk kesehatan tapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Mengonsumsi makanan mengandung zat besi secara rutin adalah satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini.

Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh.
Agar memudahkan kamu mencukupi kebutuhan zat besi, kamu bisa mengkonsumsi daging merah, tiram, Berbagai jenis ikan, Kacang kedelai, Bayam hingga Tahu.

7. Yodium

Yodium (iodine) sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Sekitar 60% yodium dalam tubuh tersimpan dalam kelenjar tiroid.

Yodium berfungsi untuk Mencegah penyakit gondok, mengendalikan laju metabolisme, membuang toksin dari tubuh hingga membantu pertumbuhan dan pematangan organ reproduksi.

Nah Zat Yodium banyak terdapat pada garam, rumput laut, susu sapi serta beberapa sayuran dan buah seperti yaitu jagung, kentang, kacang lima, kacang polong, apel, dan pisang.

8. Kalium

Zat mineral ini sangat penting dan diperlukan tubuh.Fungsi utama kalium dalam tubuh diantaranya membantu membangun dan menggerakkan otot-otot, memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, mensintesis protein, mengatur aktivitas elektrik jantung, menjaga volume cairan tubuh dan menjaga agar sel berfungsi normal.

Kalium banyak terdapat dalam  buah-buahan dan sayuran. Produk susu, biji-bijian, daging, dan ikan juga merupakan sumber kalium.

Makanan kaya kalium juga termasuk kentang, tomat, buah-buahan segar, terutama pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis dan kacang polong, dan buah-buahan kering. (Sbg/Rig)

Comments