Manusia unggul
Grafis: Sabigaju/Sigit Sulistyo

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu, 17 Agustus 2019, Negara kita tercinta, Republik Indonesia genap 74 tahun merdeka. Pemerintah pun menetapkan tema peringatan sumber daya manusia Unggul Indonesia Maju’.

Kualitas sumber daya manusia unggul,kreatif dan inovatif menjadi salah satu faktor penting untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

Lantas ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk  menjadi manusia yang unggul  ataupun  kreatif dam inovatif

Tetapkan Tujuan

Untuk menjadi seorang manusia yang unggul, kamu harus menetapkan tujuan apa yang ingin kamu raih.

Bayangkan jika kamu sedang berlomba, tetapi Anda tidak tahu di mana garis finishnya, akankah kamu bisa menang? Tidak, kamu tidak akan.

Itu sebabnya kamu membutuhkan target spesifik, Anda perlu tahu persis ke arah mana kamu akan pergi, dan di mana garis finish berada. Dan belajarlah bekerja menuju sesuatu daripada bekerja tanpa tujuan.

Belajar untuk Bertanggung Jawab

Kamu tidak bisa menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu lakukan.Dan kamu tidak bisa menggunakan alasan.

Pemenang adalah orang-orang yang sadar diri tentang kesalahan mereka sendiri, mereka mengerti bahwa itu adalah pilihan dan keputusan mereka yang membawa mereka ke sana.

Intinya, pemenang tidak menggunakan alasan, mereka menemukan solusi.

Membentuk kebiasaan menang

Aneh bukan? Tapi itu yang harus kamu lakukan.Untuk membentuk kebiasaan menang, kamu harus mulai memandang berbagai hal dengan perspektif berbeda.

Kamu harus melihatnya sebagai tantangan. kamu harus mencoba menantang dirimu sendiri setiap hari, membentuk kebiasaan melakukan setiap hari sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan sebelumnya.

BACA JUGA: Pentingnya Pendidikan Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0 

Jangan Takut Gagal

Hal lain yang perlu kamu lakukan untuk menjadi manusia unggul adalah Kamu tidak perlu takut gagal. Apa yang harus dirimu lakukan adalah belajar menerima kegagalan sebagai pelajaran.

Kamu tidak boleh membiarkan kegagalan menghancurkan motivasimu untuk menjadi pemenang. Ingat! Kegagalann adalah pelajaran dan kamu harus menggunakan pelajaran itu sebagai panduan untuk menjadi manusia unggul di waktu berikutnya.

Selalu Bersemangat

Untuk menjadi manusia yang unggul kamu harus mencoba belajar sesuatu yang baru setiap hari, membaca buku atau bertemu orang baru atau melakukan sesuatu yang berbeda.

Karena hal itu bisa membuatmu menjadi manusia unggul yang memiliki lebih banyak pengetahuan pada dasarnya adalah kekuatan.

Berani Mengambil Resiko

Jangan takut mengambil risiko. Karena jika kamu terlalu berhati-hati, Anda mungkin kehilangan peluang dan kamu  mungkin tidak memiliki kesempatan kedua.

BACA JUGA: The People vs The Tech, Kita yang Membangun Zaman Digital 

Tetap fokus

Menjaga fokus Anda ke garis finish adalah yang penting. Jangan kendur, selalu pertahankan pikiran dan fokuslah pada tujuanmu.

Karena jika tidak fokus, maka kamu tidak melakukan sesuatu dengan serius! Dan jika tidak melakukan hal-hal dengan serius, kamu tidak bisa menjadi pemenang, orang-orang .. Sederhana!

Berkomitmen

Perbedaan utama antara yang kalah dan yang menang adalah bahwa pemenang berkomitmen untuk menang. Pemenang tahu apa yang mereka inginkan dan karenanya melakukan apa pun yang harus mereka lakukan, untuk sampai ke sana.

Kamu harus tetap berdedikasi untuk menjadi pemenang dalam hidup.

BACA JUGA: Inilah Profesi-profesi yang Mulai Hilang Tergantikan Teknologi 

Bekerja lebih keras dari yang lain

Dan pada akhirnya itu semua bekerja keras. Biarkan saya memberi Anda contoh dengan olahraga – Jika pesaingmu melakukan 200 push up setiap hari, Anda harus melakukan 300.

Jangan lupa bahwa semakin banyak upaya yang kamu lakukan, hasil yang lebih baik akan kamu miliki, dan itu tidak hanya dalam olahraga , itu berlaku untuk semua bidang kehidupan.

Perpaduan kerja keras dan tekad bisa membuatmu menjadi manusia unggul yang bisa mendapatkan apapun dalam hidup. Merdeka! (Sbg/Rig)

Comments