Sajian Hidangan
Ada beberapa sajian hidangan non ketupat yang kerap disantap banyak orang di saat Hari Lebaran. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Siapa bilang Idul Fitri selalu identik dengan sajian hidangan Ketupat? Buktinya seringkali kita lihat juga 7 makanan ini disiapkan di saat hari kemenangan tersebut.

Oke kami tahu secara teknis ketika tulisan ini diturunkan, masih bulan puasa. Tapi tidak ada salahnya bukan? Siapa tahu pembahasan ini nantinya bisa memberikan inspirasi menu sajian hidangan yang akan dibuat saat Idul Fitri tiba nanti.

BACA JUGA: Yuk Cegah Problem Badan Melebar Pasca Lebaran

Sambal Goreng Ati

(Foto: Instagram)

Entah ditambah dengan kentang atau tidak, yang jelas sajian hidangan ini kerap dijadikan favorit saat perayaan idul fitri. Campuran rasa pedas dan aroma santannya, membuat lidah terasa lebih gurih di hari kemenangan.

Opor Ayam

(Foto: Instagram)

Mau ayamnya berwarna putih atau kuning, atau warna apapun itu, tak dipungkiri bahwa seperti ketupat, bukan lebaran namanya kalau tidak ada sajian hidangan opor ayam.

Campuran rasa asin dan manisnya terasa sangat gurih di lidah. Apalagi jika ditambah dengan bubuk kacang kedelai, WOW makin maknyus rasanya!

BACA JUGA: Doyan Jajan, Kenali Kemasan Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan 

Semur

(Foto: Instagram)

Tradisi sajian hidangan semur di saat Lebaran merupakan tradisi masyarakat Betawi. Namun seiring berjalannya zaman, semur juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia lainnya.

Umumnya semur ditambahkan oleh kecap sehingga, cenderung terasa manis. Dan rasa manis tersebut alhasil mebuat daging atau ayamnya menjadi trasa lebih gurih di lidah.

Gulai Sayur

(Foto: Instagram)

Makanan ini umumnya menjadi pendamping ketupat. Di darerah Sumatera biasanya gulai yang disajikan adalah gulai nangka muda. Sedangkan di daerah Jawa, gulai disajikan dengan Labu Siam.

BACA JUGA: Sederet Makanan Non Daging Ala Food Blogger Kelas Dunia

Lodeh

(foto: Instagram)

Sajian hidangan berupa sayuran ini seperti kita ketahui juga kerap ditemui saat idul fitri. Dan bisa dikatakan walau sama-sama menggunakan santan seperti gulai, Lodeh rasanya jauh lebih ringan dan segar dari Lodeh.

Rendang

(Foto: Instagram)

Meski makanan ini  berasal dari Sumatera Barat. Namun seiring berjalannya waktu, Rendang menjadi menu favorit lebaran dimana-mana.

Sajian hidangan daging ini begitu hit lantaran cita rasa alamiah  yang terasa  sangat juicy di lidah.

Tak heran banyak orang yang kerap menjadikan rendang sebagai teman lauk untuk ketupat.

BACA JUGA: Sederet Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Buka Puasa 

Kue-Kue Kering

(Foto: Instagram)

Mau itu kastengel, kue coklat, putri salju, keju, tak dipungkiri setiap lebaran, yang namanya sajian hidangan kue-kue kering pasti disajikan di toples-toples. (Sbg/Mrv)

Comments