Sabigaju.comKecerdasan sangat penting untuk kamu miliki karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dan kebahagiaan hidupmu.

Cerdas atau tidak, tergantung pada kesungguhanmu memanfaatkan otak yang kamu punya. Kecerdasan tak selalu berhubungan dengan nilai-nilai yang kamu dapatkan di bangku pendidikan formal.

Menambah kecerdasan dapat dilakukan dengan bagaimana kamu melakukan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan ini bisa dilatih secara terus-menerus.

Contohnya ada 7 kebiasaan sederhana yang bisa menambah kecerdasan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya  yang akan dibahas oleh Sabigaju nih, Sob. Check it out!

1. Minum Air Putih

Memastikan otak tidak dehidrasi penting untuk menambah kecerdasan untuk itu segeralah minum air putih setelah bangun tidur. (Foto: Pixabay)
Memastikan otak tidak dehidrasi penting untuk menambah kecerdasan untuk itu segeralah minum air putih setelah bangun tidur. (Foto: Pixabay)

Rasa segar yang ditimbulkan saat minum air ketika bangun di pagi hari ternyata dapat membuat keajaiban bagi kesehatanmu secara keseluruhan. Termasuk kekuatan otak Anda.

Minum setidaknya dua gelas air adalah cara terbaik untuk rehidrasi tubuhmu. Setelah tertidur selama beberapa jam dan tubuhmu kehilangan banyak cairan. Memastikan otak tidak dehidrasi penting untuk menambah kecerdasan untuk itu segeralah minum air putih setelah bangun tidur bisa membantumu berpikir lebih jernih

Karena otak kita 75% terdiri dari air, asupan air yang cukup akan segera mengoptimalkan kinerja otak. Dengan demikian, kamu bisa bangun dengan segar dan bugar di pagi hari.

2. Konsumsi Green Tea

Mengkonsumsi teh hijau diyakini dapat menambah teh hijau (Foto: Pixabay)
Mengkonsumsi teh hijau diyakini dapat menambah teh hijau (Foto: Pixabay)

Teh hijau adalah jenis teh dengan kandungan EGCG yang dapat meningkatkan proses otak kamu. Selain itu l-theanine yang terkandung dalam teh hijau, dapat memicu flare esensial ke gelombang otak.

Sebuah studi tahun 2012 menyatakan bahwa konsumsi teh hijau per hari memiliki efek serupa dengan pembatasan kalori yang masuk ke tubuh. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung sebuah senyawa bernama EGCG, sebuah anti-oksidan yang membantu mengembangkan fungsi kognitif otak, melalui regenerasi dari sel otak.

3. Tidur Siang

Tidur siang sejenak ternyata dapat menambah kecerdasan otak kamu. (Foto: Pixabay)
Tidur siang sejenak walau hanya selama beberapa menit ternyata dapat menambah kecerdasan otak kamu. (Foto: Pixabay)

Kebiasaan tidur siang identik dengan kemalasan. Padahal tidur siang terbukti bisa meningkatkan kecerdasan.

Penelitian baru juga mengatakan, tidur siang yang lelap juga mampu mendongkrak kapasitas belajar otak secara dramatis. Hebat, kan?

Para peneliti mendapati bahwa membiasakan diri untuk tidur siang meski hanya 20 menit sudah terbukti berguna meningkatkan produktifitas. Meski sebentar, otakmu juga perlu diistirahatkan, Sob.

4. Main Video Games

Kebiasaan bermain video Game ternyata dapat menambah kecerdasan. (Foto Pixabay)
Kebiasaan bermain video Game ternyata dapat menambah kecerdasan. (Foto Pixabay)

Sebenarnya, ada banyak studi yang mempelajari dampak bermain video game pada otak manusia. Bahkan banyak studi telah menemukan adanya peningkatan fungsi kognitif pada seseorang setelah ia bermain video game.

Hal ini karena saat bermain game yang sifatnya brain challenging atau memberi teka-teki, otak akan dipaksa untuk bekerja memecahkan masalah. Dari sana, kamu akan terbiasa menemukan solusi paling efektif untuk menyelesaikan masalah.

Walau demikian, bukan berarti kita bisa terus menerus bermain game. Karena apapun yang dilakukan secara berlebihan dapat berubah menjadi racun bagi tubuh kita.

5. Membaca

Membaca akan membantumu untuk mengurangi stres. Hal ini akan membuatmu merasa lebih baik dan meningkatkan kecerdasan. (Foto Pixabay)
Membaca akan membantumu untuk mengurangi stres. Hal ini akan membuatmu merasa lebih baik dan meningkatkan kecerdasan. (Foto Pixabay)

Membaca merupakan cara termudah untuk menambah kecerdasan. Membaca membantu meningkatkan tingkat kecerdasan, sehingga jangan ragu untuk membaca saat mengisi waktu luangmu.

Bacalah buku dengan berbagai topik untuk merangsang otak, misalnya hari ini membaca fiksi, setelah selesai Anda bisa membaca biografi, dan seterusnya.

Di dunia pekerjaan, kebiasaanmu untuk membaca apapun akan membantumu untuk lebih mudah mengerti segala hal. Selain itu juga akan memperbaiki kemampuan manajerialmu.

6. Belajar Pemrograman Dapat Menambah Kecerdasan

Studi Progamming dapat membantu menambah kecerdsan otak kamu (Foto: Pixabay)
Studi Progamming ternyata dapat membantu menambah kecerdsan otak kamu (Foto: Pixabay)

Pemrograman merupakan salah satu ilmu yang banyak diakui sangat sulit. Selain tidak praktis karena memakan terlalu banyak waktu.

Tetapi dengan tantangan besar, akan menjadi bonus besar bagi kualitas otakmu juga. Sebab sebuah studi mengatakan kalau bidang pemrograman berpotensi meningkatkan kekuatan otak yang kamu miliki. Selain itu pemrograman juga dapat menjadi faktor kunci dalam kesuksesanmu.

7. Bergaul dengan Seseorang yang Lebih Pintar

Salah satu hal yan g bisa kamu lakukan untuk menambah kecerdasan adlah dengan bergaul dengan orang yang lebih cerdas darikamu. (Foto Pixabay)
Salah satu hal yan g bisa kamu lakukan untuk menambah kecerdasan adlah dengan bergaul dengan orang yang lebih cerdas darikamu. (Foto Pixabay)

Bergaul dengan seseorang yang lebih pintar dapat menambah kecerdasan dan membuat kamu menjadi lebih pintar lagi. Kuncinya adalah belajar lebih dari yang sudah kamu ketahui.

Berada di antara orang-orang yang lebih pintar akan memungkinkan kamu untuk berpikir pada tingkat yang berbeda. Bersama-sama, ide bisa muncul kapan saja, juga membantumu mendapatkan momentum dalam perjalanan menuju kemenangan. (Sbg/Rig)

Comments