Sebelum mudik
Ada hal-hal penting yang mesti kamu persiapkan sebelum mudik agar kenyamanan dapat dirasakan dalam perjalanan. (Sumber foto: Holiday Inn)

Sabigaju.com – Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan menyambut hari raya Idul Fitri aka Lebaran. Dan tentunya banyak dari kita yang kini mungkin sudah melakukan berbagai persiapan sebelum mudik alias balik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri. bersama keluarga tercinta.

Nah agar perjalanan mudik nantinya lancar jaya, ada baiknya kalian simak dan persiapkan baik-baik 7 poin yang sangat penting ini.

BACA JUGA: Segera Selesaikan Tugas Kantor Sebelum Liburan Lebaran 

Dana yang Cukup

Mau kita akan mudik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, tentunya kita harus mempersiapkan dana yang cukup atau kalau perlu sedikit dilebihkan.

Tidak hanya untuk sekedar bayar tiket, tol, dan bensin saja, namun juga untuk ongkos makan, dan hal-hal penting lainnya.

Pakaian Secukupnya

Persiapkanlah pakaian cadangan (spare ) untuk dikenakan sebagai baju ganti selama perjalanan.

Kamu sebaiknya membawa pakaian yang secukupnya yang  memang akan dikenakan nantinya saat berlebaran di kampung halaman..

Janganlah membawa pakaian terlalu banyak, namun sebagian besar pakaiannya justru tidak digunakan sama sekali.

BACA JUGA:  Libur Lebaran, Waktu Pas Buat Jajal Wisata Halal 

Makanan & Minuman

Sebelum mudik pastikan perut kamu terisi sagar kondisi prima saat di perjalanan

Jangan lupa untuk membawa minuman botol atau kaleng serta makanan jenis snack yang ringan-ringan yang bisa kamu gunakan saat berbuka puasa di tengah perjalanan.

Alat Komunikasi Harus Prima

Pastikan 2 hari atau beberapa jam sebelum mudik, untuk mengisi “nyawa” baterai alat komunikasi kita. Memang kalau dipikir banyak dari kita yang jarang SMS atau telepon di sepanjang perjalanan.

Namun jaga-jaga saja kalau tiba-tiba kita mendapatkan telpon atau pesan penting yang bersifat darurat dan tentunya juga sebagai “modal” untuk kita main game di sepanjang perjalanan mudiknya.

BACA JUGA: Sebelum Tancap Gas, Perhatikan Hal ini Saat Mudik Menggunakan Mobil 

Kondisi Kendaraan Sempurna

Agar perjalananmu nyaman, pastikan kondisi kendaraan benar-benar baik & layak untuk dikendarai. sebelum mudik, kamu harus check up mobilmu ke bengkel.

Selain memastikan stok bensin yang cukup hingga tujuan, kita juga harus mempersiapkan ban cadangan dan tentunya memeriksa seluruh keadaan mobil / motor sehingga kita bisa aman berkendara.

BACA JUGA: Mudik dengan Mobil? Cek Yuk Pilihan yang Nyaman 

Pastikan Keamanan Rumah

Mudik berarti kita meninggalkan atau lebih tepatnya, mengosongkan rumah untuk sementara waktu. Nah biasanya, keadaan yang seperti inilah yang menjadi incaran para maling.

Oleh karenanya sebelum mudik, pastikan kita sudah mengunci atau bahkan merantai rapat pagar dan mengunci pintu dan seluruh akses ke rumah kita.

Jangan menyimpan kunci cadangan rumah di lokasi yang mudah ketahuan orang lain

Dan yang terpenting lagi, minta titip jaga keadaan sekitar rumah ke pihak keamanan sekitar rumah kita.

BACA JUGA: Waspada, Sejumlah Modus Kejahatan yang Bisa Menimpamu Saat Mudik

Tubuh Yang Prima

Dan inilah persiapan yang jauh lebih penting dari yang sebelum-sebelumnya. Benar banget bukan?

Tentunya kita harus benar-benar mempersiapkan kondisi tubuh kita se-prima dan sesehat mungkin sebelum mudik.

Walau kita memang tidak menyetir, tetap saja duduk sebagai penumpang dalam waktu lama, menghabiskan banyak energi. Intinya capek banget. Oleh karenanya, jaga banget kondisi tubuhnya ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments