Rutin Bercinta
Ada begitu banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa didapat pria jika rutin bercinta dengan pasangannya. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Bercinta merupakan aktivitas intim yang dapat mendorong kesehatan mental dan ketahanan fisik seseorang. Itu sebabnya jika pria rutin bercinta bisa mendapat beragam manfaat.

Tidak hanya tentang nafsu dan birahi, dengan berhubungan intim secara rutin dapat memberikan dampak besar untuk kesehatan dan kesejahteraan bagi kamu dan juga pasanganmu

Yup, bercinta bisa memengaruhi kondisi psikologis, intelektual, serta kehidupan sosial kita. Bersamaan dengan itu, kualitas kehidupan akan menjadi lebih baik.

Nah, berikut ada 6 manfaat yang bisa didapat jika kamu rutin bercinta dengan pasangan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Sistem Imunisasi yang Kuat

Menurut para peneliti dari Universitas Wilkes, Pennsylvania, orang yang rutin bercinta dapat menambah tingkat ketahanan tubuh hingga 30 persen. Antibodi digunakan dalam sistem imunisasi untuk melindungi pilek dan flu.

Hal ini disebabkan karena orang yang secara aktif melakukan hubungan seks lebih terpapar oleh bakteri dan virus yang justru menyebabkan keluarnya antibodi yang lebih besar.

Kadar antibodi yang disebut immunoglobulin A atau IgA yang disebut juga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian oleh Universitas Negeri Michigan mendapatkan orang yang rutin bercinta sangat kecil kemungkinannya terkena tekanan darah tinggi.

Peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang lebih sering memeluk dan dipeluk memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan yang jarang dipeluk.

3. Kualitas Tidur yang Baik

Melakukan hubungan seks mengeluarkan serangkaian zat kimiawi dalam otak termasuk oksitosin dan prolactin.

Nah, biasanya pasca orgasme, tubuh memproduksi hormon prolaktin yang dapat menimbulkan rasa rileks dan mengantuk sehingga kamu akan tidur lebih cepat dan lebih nyaman. itu sebabnya Rutin bercinta dapat meningkatkan kualitas tidur mu

4. Mengurangi Stres

Rangsangan seksual mampu melepaskan bahan kimia dalam otak yang memicu rasa senang. Selain itu, hubungan intim membuat tubuh melepaskan hormon yang membuat kamu merasa nyaman.

Peneliti di Univertas Paisley, Skotlandia menemukan jika orang yang rajin melakukan hubungan seks dapat menurunkan tekanan darah terutama bagi orang yang akan berinteraksi di depan publik dibanding mereka yang tidak melakukan seks dalam kurun waktu dua minggu.

5. Rutin Bercinta Bikin Ingatan Lebih Tajam

Rutin bercinta  juga meningkatkan ingatan. Peneliti di Universitas McGill di Kanada mengemukakan bahwa orang yang sering melakukan seks memiliki kemampuan mengingat kata-kata abstrak lebih baik dalam tugas mengingat kata.

Seks mungkin menstimulasi perkembangan syaraf dalam otak yang menyangkut kemampuan belajar dan mengingat. Syaraf mengirim pesan kepada sel lain dalam sistem syaraf.

Orgasme juga melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan rasa kepercayaan dan ikatan di antara keduanya.

6. Bikin Panjang Umur

Analisa Dr David Weeks menyatakan pria dan wanita yang rutin bercinta secara aktif, terlihat lima hingga tujuh tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Tapi menurut Weeks, kualitas sama pentingnya dengan kuantitas, apalagi bila pasangan yang melakukan saling mencintai, efek anti penuaan akan semakin kuat.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan orang-orang yang mencapai klimaks lantaran rutin bercinta setidaknya tiga kali seminggu memiliki kesempatan 50% lebih rendah untuk meninggal karena alasan medis daripada mereka yang hanya mencapai klimaks sebulan sekali.

Walaupun ada beragam manfaat lewat rutin bercinta, tapi kamu jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan tetap perlu mempraktikkan pola hidup sehat yah. (Sbg/Rig)

Comments