Curhat
Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pria untuk mencegah pasanganmu tidak perlu curhat di media sosial, (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Saat ini banyak orang yang menggunakan Sosial media atau sosmed untuk curhat alias mengeluarkan amarahnya hingga mencurahkan kegalauan hati. Padahal masalah yang tengah kita hadapi seharusnya untuk diselesaikan, bukan dipublikasikan.

Curhat di medsos mungkin saja demi menggambarkan bahwa seseorang tampak sedih dan menderita. Namun  tanpa disadari ada banyak orang yang lebih menderita daripadanya. Kalau seseorang bisa sedih cuma karena perkara cemburu, orang lain bisa Sosmed sedih karena ditinggal oleh pasangannya karena sebuah kecelakaan misalnya.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih tips buat kamu lalukan sebagai pria agar pasangan tak lagi sering curhat di medsos?

BACA JUGA:

1. Komunikasi

Tentu ini jadi hal paling penting. Kamu harus biasa mengkomunikasikan apapun pada pasangan. Ini penting agar pikiran mereka soal kamu jelas dan tak tampak buram.

Komunikasikan semua masalah face to face. Sebisa mungkin hindari lewat gawai. Jika memang kamu terlalu sibuk, maka kamu bisa memintanya sabar sebentar untuk kemudian bisa berdialog soal masalah kalian.

2. Peka

Pasangan curhat ini mungkin aja karena kamu enggak peka. Jadi, cobalah untuk peka. Perhatikan setiap kebiasaan pasangan. Jika ada yang terasa ganjil kamu bisa tanyakan apa yang terjadi.

3. Jadi Pendengar yang Baik

Kamu harus bisa jadi pendengar yang baik. Ketika berdiskusi, hindari untuk mendominasi pembicaraan. Coba untuk lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara. Setelah mereka selesai berbicara, kamu bisa menjelaskannya dengan tenang dan sejelas-jelasnya.

Kalau kamu bisa jadi pendengar yang baik, maka mereka akan merasa bahwa masalah bisa selesai cukup dengan membicarakannya pada kamu.

4. Curhat Pada Pasangan

Kamu juga harus bisa curhat dengan pasangan agar mereka merasa dibutuhkan dan dihargai. Tapi, jangan terkesan mengeluh ya. Ketika kamu bisa mencurahkan isi hati kamu, maka pasangan akan merasa bahwa kalian adalah pasangan yang bisa saling mendukung.

5. Jangan Mencontohkan

Kalau kamu tak suka pasangan sering mencurahkan perasaan hati  di medsos, maka kamu juga tak boleh melakukan hal serupa. Jika kamu bisa mencontohkan yang baik, maka pasangan akan merasa malu sendiri. Mereka akan berpikir bahwa kamu saja bisa dewasa menyelesaikan masalah.

6. Beritahukan Secara Perlahan

Kamu bisa langsung notice dengan menjabarkan apa saja dampak dari keseringan curhat di medsos. Katakan bahwa mencurahkan perasaan  di ruang publik tak akan mengubah keadaan dan menyelesaikan masalah.

Demikian ulasan yang bisa kamu praktikan langsung pada pasangan. Bagaimanapun, kamu yang paling tahu seperti apa hubungan kalian berjalan. Jadi, tentu aja kamu juga yang paling tahu langkah apa yang harus dilakukan soal hal ini ya. (Sbg/Rig))

Comments