Kondisi Kantor
Saat ini masih banyak kondisi kantor yang enggak nyaman buat karyawannya bekerja. Hal itu ternyata bisa merusak kesehatan psikis karyawannya. (Foto: Telegraph)

Sabigaju.com – Kantor memang tempatnya banyak orang mencari uang. Tapi, bukan berarti enggak bisa dibikin nyaman dong? Fatalnya, masih banyak nih kondisi kantor yang enggak nyaman buat karyawannya.

Bahkan menurut yang dikutip Mens Health, ada lima kondisi kantor yang bisa merusak kesehatan psikis karyawannya.

Sebetulnya ini bukan semata-mata untuk karyawan aja, tapi juga hasil kerja mereka. Jika karyawan tidak bisa bekerja optimal hanya karena situasi dan kondisi kantor, maka mereka juga tak bisa bekerja dengan baik.

Karena demikian, dua pihak- yakni perusahaan dan karyawan- justru akan saling dirugikan.

Nah, kalau kamu seorang karyawan atau bahkan pimpinan perusahaan, coba cek dulu. Apakah kondisi kantor tempat kamu bekerja sudah mumpuni?

1. Enggak Ada Jendela

Sepele, tapi ternyata fatal nih. Orang yang bekerja di ruangan gelap minim jendela faktanya mudah sekali mengalami gangguan psikis. How can?

Ternyata, ini ada kaitannya dengan pola tidur mereka. Setiap orang punya sistem untuk mengenali apakah hari sudah pagi, sore atau malam (so thats why biasanya kamu akan terbangun sendiri jika matahari sudah muncul).

Kondisi Kantor
(Foto: Livemint)

Nah, pengenalan waktu secara natural ini sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur mereka.

Yes, jika kondisi kantor  kamu  tak ada jendela di ruang kerja, mereka tak bisa mengenali apakah waktu sudah gelap atau masih terang? Jika memang ruang kerjamu tak punya jendela, ada baiknya kamu keluar tiap satu jam untuk menghirup udara segar.

2. Berisik

Kondisi Kantor
(Ilustrasi: Pixabay)

Nah, hal lain  yang membuat kondisi kantor tidak nyaman bisa terjadi lantaran hal sepele lainnya .

Hal itu bisa datang dari suara yang sudah lumrah kita dengar di ruang kerja. Misal suara ketikan keyboard, percakapan rekan kantor, atau suara kertas saat diprint.

Ternyata itu semua rentan membuat karyawan stres nih. Jika demikian, ada baiknya ruangan tenang atau sediakan headphone untuk mereka.

3. Terisolasi

Kondisi Kantor
(Foto: APPS)

Karyawan yang bekerja jauh dari kehidupan sosial juga rentan stres. Tentu dong, ini karena mereka membutuhkan sesuatu yang bernama sosialisasi. Karyawan perlu tata ruang kerja yang face to face dengan rekan kerja mereka.

Ini juga berlaku untuk mereka yang bersosialisasi secara digital. Itu sebabnya, free wifi penting nih.

4. Tak Ada Elemen Alam

Kondisi Kantor
(Foto: cp.de)

Kantormu perlu banget ada elemen naturalnya. Misal kayak pohon, atau bahkan kolam. Atau setidaknya ada lukisan hutan, pegunungan atau pantai.

Katanya, elemen alam bisa mereduksi stres para karyawannya serta membuat kondisi kantor terasa nyaman nih.

5. Impersonal

Kondisi Kantor
(Foto: Pexels)

Artinya, tak adanya ruang private untuk karyawan. Karyawan tidak diperkenankan membuat ruang kerja senyaman mungkin. Setidaknya, mereka bisa menata meja kerja sekreatif mungkin.

Pasalnya, karyawan yang punya kesempatan menata ruang kerjanya sesuai dengan mood mereka akan lebih bahagia. Misalnya, mereka punya moodboard berisi foto-foto keluarga dan teman. Atau rak figure action yang keren!

6. Berantakan

Kondisi Kantor
(Foto: Brenda Spandrio/thatwhitepaperguy)

Tempat berantakan ternyata punya bad impact untuk si penghuninya. Menurut studi, kondisi kantor yang berantakan bisa merusak kreativitas hingga merusak mood seseorang. Jika ruang kerja tertata rapi, maka emosi mereka akan selalu terkontrol.

Bagaimana nih, Sob? Apakah kondisi kantor kamu punya enam standar di atas? Jika belum, buru berbenah atau resign ke tempat yang lebih baik. (Sbg/dinda)

Comments