(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Beberapa tokoh Indonesia biasanya dikenal karena jasanya. Adalah sangat wajar jika mereka dikenal oleh bangsanya sendiri, tapi bagaimana jika mereka dikenal oleh bangsa lain?

Ya, ada beberapa nama tokoh yang jadi populer di negeri lain. Selain karena jasanya, ini karena nama mereka dijadikan nama jalan di sana. Kamu tahu apa aja nama jalan tersebut?

1. Soekarno

(Foto: ragamnya.blogspot.com)

Bapak Proklamator ini adalah salah satu yang namanya populer di Mesir. Gimana enggak, nama Soekarno ada di salah satu jalan Rabat, Mesir dan juga Maroko. Hanya saja, nama Soekarno ditambahkan dengan nama Ahmed di awal dan ST di akhirnya.

BACA JUGA: Bagaikan Pahlawan, Nih Deretan Seniman Digital yang Harumkan Nama Indonesia

2. Munir

Foto: detik.com)

Nama Munir, pejuang HAM yang mati dibunuh beberapa tahun lalu ini juga ternyata terkenal di Belanda. Nama Munir ada di Den Haag dengan nama Munirpad, Belanda demi mengabadikan namanya. Kalau Belanda aja bisa mengenang nama Munir karena jasanya, Indonesia sendiri kapan ya?

3. Hatta

(Foto: isigood.com)

Sahabat setia Soekarno sekaligus pendampingnya saat memimpin Indonesia dulu ini juga dikenang oleh Belanda. Nama Hatta dijadikan salah satu nama jalan di Harleem dengan nama Mohammed Hatta Straat. Pasalnya, nama Hatta dikenang karena ia juga pernah belajar di Belanda.

4. Kartini

(Foto: jalansanasini.com)

Tokoh emansipasi wanita satu ini enggak luput juga dari pembicaraan warga dunia. Gimana enggak, jasanya memperjuangkan kesetaraab gender pada masa penjajahan emang enggak main-main. Kartini juga sempat membuat buku yang dikenal dunia.

BACA JUGA: Jadilah Pahlawan untuk Masa Depanmu

Maka itu, wanita yang pernah surat menyurat dengan sahabatnya di Belanda ini akhirnya dikenang menjadi nama jalan. Ya, Belanda menggunakan nama RA Kartini Straat sebagai salah satu nama jalan di Amsterdam.

5. Irawan Soejono

(Foto: Kumpulan Artikel)

Mahasiswa ini juga dikenang oleh Belanda karena keberaniannya. Ia dengan tegas menyatakan diri sebagai penentang Hitler pada masa Nazi di Jerman. Irawan tewas ditembak di Leiden karena perjuangannya tersebut. Oleh sebab itu, namanya yang juga dikenal dengan Henk van de Bevrijding juga bertengger di sana.

6. Sutan Sjahrir

(Foto: Aron Salim Blog)

Walau dikenal sering menentang pemerintahan saat itu, Sutan Sjahrir masih dianggap sahabat oleh Soekarno, loh! Pemikirannya yang tajam dianggap telah berkontribusi banyak terhadap bangsa ini. Tak hanya itu, karena ia banyak akrab dengan cendekiawan di Belanda, namanya pun dikenang sebagai nama jalan di Leiden.

Well, kamu bisa menebak bahwa Belanda lah yang paling banyak memakai nama tokoh Indonesia sebagai nama jalan. Tentu dong, ini karena sejarah yang akhirnya mendekatkan Bangsa Indonesia dengan Negeri Kincir Angin tersebut. Kamu mau dikenang oleh bangsa lain? Sebutin dulu kontribusi kamu untuk bangsa sendiri. (Sbg/Dinda)

Comments