Hari ini, Selasa (3/7)sore, hasil SBMPTN 2018 akan diumumkan serentak mulai pukul 17.00 WIB.
Hari ini, Selasa (3/7)sore, hasil SBMPTN 2018 akan diumumkan serentak mulai pukul 17.00 WIB.

Sabigaju.com – Hari ini, Selasa (3/7) sore, hasil SBMPTN 2018 akan diumumkan serentak mulai pukul 17.00 WIB.

Hasil SBMPTN 2018 akan diumumkan secara resmi di pengumuman.sbmptn.ac.id dan di laman mirror 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagi pelajar yang telah ikut seleksi, siapkan mental untuk mengetahui hasilnya. Disebutkan, SBMPTN 2018 diikuti 860.001 peserta. Dari jumlah itu, yang diterima masuk perguruan tinggi tidak sampai 50 persen, yakni kurang dari 200.000 orang.

Artinya, akan ada sekitar 660.001 peserta yang tidak akan mendapat kursi di PTN impian lantaran keterbatasan kuota ketersediaan kursi di PTN

Nah buat kamu yang gagal menembus Perguruan Tinggi melalui SBMPTN 2018 ini, jangan berkecil hati. Sabigaju mau kasih beberapa masukan agar kamu terus  mengasah ilmu untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sukses di masa depan.

1. Ikut Jalur Tes Mandiri

Saat kamu dinyatakan tidak lulus SBMPTN, kamu bisa mencoba jalur mandiri nih! Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang jalur mandiri.

Pertama, jalur mandiri di setiap universitas berbeda. Artinya, jika kamu mendaftar jalur mandiri di Universitas X maka akan berbeda syarat dan peraturannya dengan Universitas Y.

Contoh, Universitas Indonesia melaksanakan jalur mandiri (biasa disebut Simak UI) sebelum pengumuman SBMPTN, yang artinya mereka tidak memakai nilai SBMPTN. Berbeda dengan Universitas Airlangga yang melaksanakan jalur mandiri setelah SBMPTN dan menggunakan nilai SBMPTN.

2. Mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta

Mau swasta atau negeri sebetulnya sama saja, tinggal bagaimana diri kita sendiri yang menentukan masa depan kita nanti. Sebetulnya tidak ada salahnya jika ingin mencoba PTS, karena banyak PTS yang mutu pendidikannya tidak kalah dengan PTN, bahkan lebih bagus daripada PTN.

Jangan risau dengan masalah biaya, karena sekarang banyak kok PTS yang menyediakan jalu r beasiswa dan jalur prestasi untuk calon mahsiswa mereka. Jadi untuk masalah biaya jangan diambil pusing ya, karena semua itu ada solusinya.

3. Kursus Keterampilan

Gak usah minder kalau kalian hanya mampu menempuh kursus sedangkan teman-teman kalian kuliah S1, karena keberhasilan seseorang itu tidak dilihat dari gelar di nama mereka

Ingat, mengambil kursus keterampilan juga dapat menjadi kunci kesuksesan. Beragam jenis keterampilan mulai dari memasak, desain, menjahit, hingga olahraga dapat digeluti untuk menambah wawasan.

Pilihlah kursus yang sesuai dengan minat dan bakat, lalu tekuni dengan sungguh-sungguh hingga ahli. Lulus dari kursus tersebut dapat membuka banyak peluang seperti membuka usaha sendiri.

Banyak kursus yang memberi sertifikat sebagai bentuk pengakuan sah. Sertifikat ini juga sangat berguna untuk menambah nilai surat lamaran pekerjaan.

4. Rehat Sejenak

Gap year dalam istilah umum adalah rehat, berhenti atau cuti untuk sekolah, kerja, atau kuliah. Dalam konteks ini pastinya tentang kuliah ya, jadi gap year disini maksudnya ‘rehat’ dulu selama setahun untuk menunggu SBMPTN.

‘Rehat’ di sini bukan berarti menjadi pengangguran, tapi mempersiapkan amunisi untuk menghadapi SBMPTN tahun berikutnya.

Jika kamu tidak ingin gagal lagi tahun depan, maka kamu harus sungguh-sungguh belajar agar dapat lulus SBMPTN.

5. Bekerja paruh waktu

Bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN? Kamu bisa kok belajar sekalian bekerja, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti. Bekerja paruh waktu juga dapat menjadi pilihan untuk menambah pengalaman hidup.

Beberapa pekerjaanparuh waktu banyak tersedia untuk lulusan SMA/sederajat, seperti di kedai kopi atau butik independen.

Saat pertama memulai bekerja sambil belajar akan menjadi hal yang menyenangkan, tapi lama kelamaan bisa menjadi hal yang membuat stres. Maka dari itu ingat prioritasmu!

6. Membuka Usaha

Pilihan lain yang dapat digeluti adalah membuka usaha. Beragam jenis usaha banyak tersedia seiring dengan berkembangnya bisnis online. Kunci sukses dalam membuka usaha ini adalah kegigihan, kreativitas dan semangat pantang menyerah.

So, gak usah nangis atau bersedih, Sob. Ada banyak hal yang bisa kamu pilih. Ingat! gagal SBMPTN bukanlah akhir segalanya! (Sbg/Rig)

Comments