Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan sejumlah fintech keren kepada kaum milenial di tanah air yang ingin memulai usaha hingga melakukan kampanye amal. (Foto Pixabay)
Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan sejumlah fintech keren kepada kaum milenial di tanah air yang ingin memulai usaha hingga melakukan kampanye amal. (Foto Pixabay)

Sabigaju.com – Ternyata bisnis online tidak melulu hanya e-commerce (toko online) atau situs portal berita. Ada sebuah industri baru bernama financial technology atau nama kerennya fintech.

Di Indonesia, fintech memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, serta riset keuangan.

Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan sejumlah fintech keren kepada kaum milenial, namun masih banyak yang belum memahami. Padahal fintech dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan edukasi dan pemahaman akan produk-produk keuangan yang terintegrasi, yang sejalan dengan gaya hidup para milenial.

Ada sejumlah aplikasi fintech keren yang cocok banget digunakan buat kamu para generasi milenial. Simak ulasannya berikut ini!

1. AkuLaku

AkuLaku merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu mengatur pengeluaran setiap bulannya. AkuLaku juga hadir untuk mempermudah cash flow kamu sehari-hari.

Selain itu, lewat aplikasi ini kamu dapat berbelanja produk gadget terbaru dengan pembayaran yang bisa diangsur per bulan sesuai tenor yang kamu pilih.

Selain itu, jika kamu memerlukan dana untuk keperluan mendadak, AkuLaku merupakan solusi terbaik dalam hal ini. Sebab proses pengajuan dan pencairannya sangat mudah.

Pemakaian virtual kredit seperti AkuLaku juga tentu sangat membantu kamu untuk tetap bisa berbelanja hemat setelah gajian

2. Kredivo

Kredivo merupakan startup kartu kredit digital yang memungkinkan konsumen untuk checkout secara cepat dan aman serta menawarkan fleksibilitas pembayaran secara berkala, seperti bayar dalam 30 hari tanpa bunga atau cicilan dengan bunga rendah.

Untuk cicilan, Kredivo memberikan tingkat suku bunga paling rendah dibanding lembaga kredit sejenis, yaitu 2,95 persen per bulan dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

Dibandingkan dengan fasilitas kredit sejenis, bunga Kredivo lebih rendah hingga 50 persen. Plafon kredit non tunai yang bisa diberikan Kredivo untuk cicilan di merchant online maksimal hingga Rp 20 juta. Selain diawasi oleh OJK, Kredivo juga mengenkripsi semua data pribadi dan data transaksi kamu, sehingga keamanannya pasti terjamin.

Kredivo menyebut karakter segmen mereka adalah kaum profesional muda yang sulit mendapat akses kartu kredit.

3. Kitabisa

Kitabisa.com berawal dari proyek yang digagas Rumah Perubahan, besutan Profesor Rhenald Kasali. Setelah melakukan validasi selama dua tahun, barulah KitaBisa menjadi lembaga independen dengan memiliki yayasan dan perusahaan.

Servis yang ditawarkan fintech keren ini adalah menyediakan platform penggalangan dana secara online melalui website atau aplikasi smartphone. Sehingga, penggalangan dana untuk proyek-proyek sosial menjadi lebih simple, Responible, dan viral.

Simple artinya penggalang dana tak perlu menceritakan kembali mengenai aktivitas donasinya, sebab informasi mengenai apa dan mengapa donasi tersebut dibuat secara detail dapat ditemui di dalam situs.

Responsible artinya jumlah transaksi dan nama-nama donatur dapat dilihat secara transparan. Ada fitur update yang mana penggalang dana dapat menceritakan apa yang terjadi setelah dana terkumpul. Sedangkan maksud viral adalah orang akan tergugah membagikan cerita-cerita donasi melalui WhatsApp atau BBM, lewat link ke situs yang terverifikasi.

4. Tunai Kita

TunaiKita adalah fintech keren pertama di Indonesia yang mengembangkan dan memanfaatkan ‘lending robot’ untuk menganalisa data yang Anda sediakan melalui aplikasi di smartphone serta akun-akun online Anda.

Fintech ini merupakan akses kredit bagi mereka yang umumnya sulit mendapatkan kredit dari lembaga keuangan konvensional.

TunaiKita menjadi alternatif yang pas bagi para pelaku usaha kecil menengah yang butuh dana tambahan untuk mengembangkan bisnisnya.

Yang ditawarkan TunaiKita adalah pinjaman hemat biaya untuk masyarakat; mulai dari proses aplikasi pinjaman hingga perlindungan penipuan online yang bersifat real-time; penjaminan, pelayanan dan hadiah bagi konsumen; dan terakhir proses penagihan hutang yang baik.

5. Fintech Keren Modalku

Modalku merupakan fintech keren  yang menawarkan sebuah investasi online pendanaan modal bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Di sisi lain, Modalku juga menawarkan sebuah platform investasi bagi calon investor yang ingin menginvestasikan modalnya.

Modalku berfokus mengembangkan UKM berkualitas Indonesia. Nah, jika kamu memiliki sebuah aplikasi yang begitu detail berikut keuntungan yang dapat diraih dari bisnismu kamu bisa mengajukan permodalan lewat fintech keren ini.

Karena Modalku melakukan screening yang ketat kepada para calon peminjam. Hal ini untuk mempertahankan kepercayaan dari para pemberi pinjaman.

6. Walletku

Walletku merupakan sebuah fintech yang menyediakan fitur-fitur solusi pembayaran digital yang memudahkan untuk membayar semua keperluan transaksimu. Lewat Walletku kamu bisa membeli token listrik, membeli pulsa ponselmu, membayar listrik, membayar BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja, membeli tiket pesawat hingga melakukan booking hotel.

Tak hanya soal pembayaran, Walletku juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnismu. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk bermitra dengan Walletku sebagai agen mereka. Apalagi, banyak benefit dan insentif yang bakal kamu dapatkan kalau menjadi mitra premium dari Walletku. (Sbg/Rig)

Comments