Nasi uduk kuliner khas penduduk Jakarta (Foto: Instagram belangaindonesia)
Nasi uduk kuliner khas penduduk Jakarta (Foto: Instagram belangaindonesia)

Sabigaju.com – Kuliner Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang.

Dengan menggunakan bumbu-bumbu tersebut, tak heran jika aroma nasi uduk sangat menggoda terutama ketika masih hangat.

Seiring berkembangnya waktu, kuliner nasi uduk tak lagi sekedar menjadi santapan sarapan yang dinikmati pagi hari. Namun banyak yang menyantapnya sebagai makan siang ataupun makan malam.

Nasi uduk biasa disajikan dengan beberapa lauk pendamping seperti ayam goreng, semur tahu, kering tempe, telur balado, bihun goreng, gorengan, dan masih banyak lagi. Tak lupa tambahan sambal kacang kemiri yang kental nan pedas untuk menambah citarasa khasnya.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih rekomendasi beberapa tempat yang harus kamu kunjungi untuk menyantap nasi uduk yang sedap di Jakarta.

1. Nasi Uduk H.Suryadi, Kebon Kacang

Di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat terdapat begitu banyak kedai nasi uduk. Dari sekian banyak kedai nasi uduk di sana yang jadi pelopor adalah Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Suryadi. Kedai nasi uduk ini sudah berdiri sejak tahun 1950.

Nasi Uduk H Suryadi Kebon Kacang
Nasi Uduk H Suryadi Kebon Kacang

Kedai nasi uduk ini laris banget dan selalu ramai akan pengunjung. Uniknya, nasi uduk ini dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang kayak nasi kucing. Rasanya makin sedap dengan tambahan bawang goreng. Pastinya kamu nggak puas dong kalau cuma makan satu bungkus.

Alasan lain kenapa makan nasi uduk ini nggak cukup satu adalah karena banyak lauk enak yang harus dicicipi! Selain enak, lauknya juga dimasak dan disajikan dengan konsep unik. Contohnya, rendang yang penuh dengan cabai merah, ada juga telur bebek balado. Sambal kacangnya bukan sambal kacang biasa karena ada campuran sambal merah dan kecap manis.

2. Kuliner Nasi Uduk di Kedai Ibu Jum Kelapa Gading

Nasi Uduk Ibu Jum adalah nasi uduk yang paling terkenal di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Nasi uduknya disajikan seperti biasa dengan menggunakan piring berukuran normal.

Bikin kita merasa cukup dengan porsinya, dan nasi uduknya terasa pulen dan gurih. Yang bikin perut makin lapar adalah menunya banyak banget dan terlihat lengkap. Ada ayam goreng, ikan goreng, teri, tahu, tempe, udang, ayam cabai ijo, tempe orek, cumi bakar, bakwan, pete. Bahkan, sayur asem dan sayur lodeh juga ada.

Berbagai lauk untuk kuliner Nasi Uduk di kedai  Ibu Jum, Kelapa Gading. (Foto: Instagram nasiudukibujum)
Berbagai lauk untuk kuliner Nasi Uduk di kedai  Ibu Jum, Kelapa Gading. (Foto: Instagram nasiudukibujum)

Ayam gorengnya enak dan gurih, tapi nggak terlalu garing. Sepertinya memang sudah ciri khas dari Nasi Uduk Ibu Jum. Kalau makan ayam goreng, lebih mantap pakai sambal terasi.

Sambal terasinya cukup pedas dan masih cocok dimakan dengan lauk lainnya seperti udang goreng tepung. Menu terinya juga juara, karena disajikan dengan potongan cabai ijo, dan cabai merah. Sayur lodehnya terasa sedikit pedas dengan tambahan potongan tempe, labu siam, dan wortel.

3. Nasi Uduk Kota Intan, Pasar Baru

Kedai nasi uduk ini terletak persis di depan gereja GKI Pasar Baru dan sudah berdiri lebih dari 35 tahun. Saking melegendanya, banyak yang membuka kedai nasi uduk dengan nama yang sama di tempat lain, padahal Nasi Uduk Kota Intan nggak pernah buka cabang.

Kedainya memang sederhana banget dan cuma terletak di pinggir jalan, tapi pengunjung yang datang ke sini banyak yang menggunakan mobil mewah.

Sajian kuliner Nasi Uduk di kedai Kota Intan (Foto Instagram)
Sajian kuliner Nasi Uduk di kedai Kota Intan (Foto Instagram)

Begitu masuk ke dalam kedainya, kamu bisa langsung merasakan aroma nasi uduk yang mantap! Aromanya aja sudah enak banget, apalagi kalau dimakan!

Biasanya menu yang terfavorit di sana adalah nasi uduk dengan ayam goreng dan cah kangkung. Tahu gorengnya juga wajib dicoba banget! Karena rasanya beda dari tahu-tahu lain, dipesan khusus dan nggak beredar di pasaran.

Rasanya legit, lembut, dan teksturnya halus! Menu-menu jeroan di sana juga bakal menggugah selera kamu supaya nambah terus! Siap-siap khilaf kalau makan di sini!

4. Nasi Uduk Mas Miskun

Nah kalau kedai ini sudah punya beberapa cabang, Anda bisa mencicip kelezatan nasi uduk Mas Miskun ini di kawasan Cempaka Putih. Berada di jalan Percetakan Negara No. 15 Anda bisa mencoba beragam menu yang cocok disantap dengan nasi uduk.

Nasi Uduk dengan menu Ikan wader goreng (Foto Instagram)
Nasi Uduk dengan menu Ikan wader goreng (Foto Instagram)

Nasi uduknya dipadu dengan beragam lauk seperti nasi uduk ayam, nasi uduk ikan (ikan mas, gurame serta lele), nasi uduk ikan wader, nasi uduk empal, bebek dan ayam kremes.

Semakin pas dikombinasikan dengan tambahan lauk seperti semur jengkol hingga oseng toge.Tidak hanya nasi uduk, Mas Miskun juga sediakan aneka nasi bakar, nasi timbel dan nasi merah.

5. Nasi Uduk Bu Sum, Mangga Dua

Jika kamu mengunjungi kedai ini, kamu bakal merasakan makan nasi uduk dengan sensasi warteg. Bukan memakai harga yang dipatok per lauk. Kamu bakal kaget ketika memesan nasi uduk dengan 7-8 macam lauk, tapi hanya menghabiskan Rp 35 ribu.

Kedai ini selalu ramai bahkan pengunjungnya sampai harus antre, tapi pelayan di sana juga banyak. Jadi nggak perlu khawatir bakal dicuekin ketika memesan nasi uduk.

Sajuan lauk untuk menemani kuliner Nasi Uduk di kedai Bu Sum di kawasan Mangga Dua, Jakarta utara. (Foto Instagram)
Sajuan lauk untuk menemani kuliner Nasi Uduk di kedai Bu Sum di kawasan Mangga Dua, Jakarta utara. (Foto Instagram)

Saking banyaknya lauk di sana, kamu pasti bingung mau makan yang mana. Ada lebih dari 30 lauk yang bisa kamu coba. Mulai dari yang standar kayak tempe goreng, tempe orek, telur dadar, hingga jengkol balado dan aneka sayur, semuanya ada di sini.

Kedai ini dibuka dari pukul 10 malam hingga 3 pagi! Soalnya, kedai Nasi Uduk Bu Sum cuma melayani pelanggan yang pengin cari makan sehabis menikmati hiburan malam. (Sbg/Rig)

Comments